Rekomendasi

Budayakan Gotong Royong, Pemkab Madina Peringati Hari BBGR Ke XIV

Selasa, 29 Agustus 2017 : 17.29
MANDAILING NATAL - Sebanyak empat puluh kubik batu serta empat puluh kubik pasir dan arko 2 unit, diberikan Pemerintah Mandailing Natal saat memperingati hari bulan bakti Gorong Royong (BBGR).

Tak hanya itu saja, cangkul sebanyak 10 buah, sekop 10 buah, parang babat 10 buah dan semen 200 sak pun diberikan langsung Wakil Bupati Jakfar Sukhairi Nasution.

Menurut Jakfar, apa yang diberikan ini tak sebanding dengan semangat budaya gotong royong. Pasalnya, melalui gotong royong tak hanya membuat pekerjaan menjadi ringan bila dikerjakan dengan bersama-sama.

"Tapi, melalui gotong royong ini pun dapat kembali mempererat silaturahmi antar masyarakat untuk saling bantu dan bahu membahu yang selama ini sudah mulai hilang tergerus oleh kemajuan zaman," terang Jakfar saat membuka hari Bulan Bakti Gotong Royong (BBGR) ke XIV tahun 2017, di Desa Sipagapaga, Kecamatan Panyabungan, Selasa (29/8/2017).

Jakfar berharap, kegiatan ini tak semata hanya bersifat seremonial belaka. Tetapi dirinya sangat berharap bila program gotong royong ini terus ditingkatkan untuk kepentingan bersama.

"Saya sangat merasa senang dengan adanya acara ini imbuhnya. Dan dalam kesempatan ini juga, saya mengharapkan kita terus meningkatkan program ini untuk tahun berikutnya," ujarnya.

Senada, Ketua DPRD Madina, Lely Hartati berharap melalui pencanangan hari bulan bakti gotong royong di Desa Sipagapaga ini, dapat menumbuhkan kembali semangat sifat gotong royong yang selama ini sudah mulai pudar ditengah masyarakat.

"Saya harap apa yang diprogramkan ini tidak hanya sebagai acara seremonial belaka saja, namun bisa bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan apa yang diharapkan masyarakat," pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Madina, Gozali Pulungan menjelaskan dalam program bulan bakti gotong royong ini dititik berbagai kegiatan secara serentak dilaksanakan.

Salah satunya Pembangunan dek parit beton yang ada di samping mesjid di Desa Sipagapaga yang merupakan usulan dari masyarakat ini dilaksanakan.

"Acara ini sebagai tindak lanjut dari program Gubernur Sumatera Utara. Dimana, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat sistem dan nilai budaya bangsa dengan memperkuat interaksi sosial masyarakat desa atau kelurahan, serta untuk memotivasi masyarakat untuk melestarikan nilai-nilai gotong-royong masyarakat melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam membangun desa dan memperkokoh negara kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Peringatan hari BBGR ke XIV tahun 2017 yang dilaksanakan dilapangan bola kaki Desa Sipagapaga ini dihadiri Wakil Bupati Madina, Jakfar Sukhairi Nasution, Ketua DPRD Madina, Lely Hartati, Ketua TP PKK Madina, Ika Desika Dahlan Hasan, Asisten III, Sahnan Batubara, Kadis PMD Madina, Gozali Pulungan, Kepala SKPD, Camat dan masyarakat. (Barata/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya