Rekomendasi

Ini Loh, Kamis dan Pon, Nama Dua Ekor Sapi Kurban Jokowi

Rabu, 30 Agustus 2017 : 19.00
sapi kurban Presiden Jokowi miliki berat 8-9 kwintal (foto: Sapto/hariankota)
SUKOHARJO - Setelah Idul Adha tahun lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli hewan sapi dari peternak Boyolali, kali ini giliran peternak dari Kabupaten Sukoharjo mendapat jatah sapi peliharaannya yang di beli.
  
Dua sapi jenis PO atau dikenal dengan sapi Brenggolo yang oleh pemiliknya di beri nama Kamis dan Pon milik Kuncoro (42) warga Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, dibeli oleh Presiden Jokowi untuk dijadikan hewan kurban hari raya Idul Adha 1438 H

"Kedua sapi ini berumur 4 dan 3 tahun, memiliki berat sekira 9 dan 8 kwintal. Ukurannya memang luar biasa. Ini sapi asli jawa dan peranakan asli Sukoharjo," ungkap Kuncoro setengah berpromosi, Kamis (30/8/2017).

Menurutnya, kedua sapinya bisa dibilang terbaik di Sukoharjo dan jarang ada yang besarnya seperti itu. Meski begitu dia enggan menyebutkan nominal rupiah harga jual kedua sapi yang di beli mantan Walikota Solo ini.

"Untuk harganya ya cukuplah," jawabnya diplomatis

Kuncoro mengungkapkan awal mula kedua sapinya dibeli Presiden. Sebelumnya dia menawarkan kepada kerabat Presiden Jokowi yang berada di Solo. Setelah dilihat, ternyata tawaran dan kualitas sapi milik Kuncoro sesuai kriteria.

"Tentu saya sebagai peternak sapi merasa bangga dan sangat bersyukur, karena bapak Presiden membeli sapi saya. Dan saya rasa semua peternak sapi manapun yang sapinya dibeli oleh bapak Presiden, tentu sangat bangga," ungkapnya

Perlakuan khusus pun diberlakukan terhadap dua ekor sapi yang di beli Presiden ini. Salah satunya adalah menjaga pola makan dan selalu memperhatikan kesehatannya.

Sementara, utusan Presiden Jokowi, yang bernama Rinto mengatakan, bahwa pemilihan sapi yang dibeli Presiden tergantung dari jenis dan ukuran. Selain itu, Presiden juga bermaksud menghargai kerja keras para peternak sapi lokal.

"Ini adalah bukti dari kepercayaan Presiden terhadap peternak sapi lokal," ujarnya

Seperti diketahui, tahun lalu Presiden Jokowi membeli sapi dari salah satu peternak di Boyolali. Rinto menambahkan, pembelian sapi kurban dari peternak di daerah merupakan bentuk perhatian Presiden kepada budidaya ternak sapi lokal.

"Untuk tahun ini bapak Jokowi membeli sapi di Sukoharjo, ya tentunya ini adalah bentuk kepercayaan Presiden kepada para peternak sapi di indonesia, bahwa sapi lokal juga memiliki kualitas yang baik untuk menjadi hewan kurban," tandasnya

Dari keterangan yang diperoleh, rencananya, kedua sapi tersebut akan dijadikan hewan kurban di masjid sekitar Kota Surakarta pada hari Jumat 1 September 2017. (Sapto/fer)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya