Rekomendasi

Menekan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Dinas P3A Madina Sosialisasikan PKDRT

Rabu, 30 Agustus 2017 : 16.44
MANDAILING NATAL - Akibat tingginya angka kekerasan didalam rumah tangga yang belakangan ini sering terjadi dan berujung kepada hancurnya rumah tangga serta banyaknya anak-anak yang terlantar dan kurang kasih sayang.

Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal (Pemkab Madina) melalui kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) melakukan sosialisasi Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) di Desa Sukaramai Kecamatan Panyabungan Utara Provinsi Sumatera Utara.

Desa Sukaramai yang merupakan salah satu desa binaan Tim Penggerak PKK Madina ini, sudah dua kali dilaksanakan acara terkait sosialisasi pencegahan kekerasan dalam rumah tangga ini.

Hal itu dikatakan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Madina, Donna Dameria Hasibuan, kepada hariankota.com, Rabu (30/8/2017).

"Kegiatan ini kita lakukan sebagai salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya angka kekerasan didalam rumah tangga. Dimana, dalam setiap acara kita selalu menyampaikan ada 4 kategori yang dimaksud kekerasan yang acap sekali terjadi didalam rumah tangga yakni kekerasan fisik, fisikis, ekonomi dan seksual," ujarnya

Lanjutnya, untuk melakukan pencegahan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga ini. Pertama sekali kita harus mewujudkan keluarga yang harmonis yaitu seluruh anggota keluarga merasa bahagia, dapat mengaktualisasikan diri baik fisik, mental, emosi dan kehidupan sosial.

Lalu dalam kehidupan berumah tangga imbuhnya, kita juga harus lebih mengedepankan kepentingan bersama serta harus selalu mencari solusi apabila terjadi permasalahan sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak, agar terwujud keluarga yang bahagia.

"Dalam berumah tangga kita juga harus lebih mengedepankan pencerahan terkait pengetahuan agama dan pemahaman masalah hukum yang berlaku di negara ini," tandasnya

Sementara itu Ketua TP PKK Madina,Ika Desika Dahlan Hasan disela acara pencegahan KDRT dihadapan masyarakat yang hadir menyatakan, saya sangat mengapresiasi atas terwujudnya sosialisasi Undang-undang Nomor 23 tahun 2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga tahun 2017 yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Harapannya dengan di sosialisasikannya pencegahan kekerasan dalam rumah tangga ini nantinya dapat difahami seluruh masyarakat, sehingga dapat menekan angka kekerasan dalam rumah tangga yang belakangan ini marak terjadi ditengah-tengah masyarakat.

"Saya yakin, apabila sebuah keluarga harmonis telah terwujud, maka seluruh anggota keluarga akan bahagia. Sehingga, keluarga sakinah akan tercipta, yang bebas dari kekerasan dalam rumah tangga," pungkasnya.

Pantauan hariankota.com, acara sosialisasi pencegahan kekerasan dalam rumah tangga tersebut dihadiri Ketua TP PKK Madina, Ika Desika Dahlan Hasan, Kadis PMD, Gozali Pulungan, MM, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Donna Dameria Hasibuan, Kadisdik, Jamilah, Kadis perpustakaan dan arsip Daerah, Khairunida, Kadis Pengendalian Pendudukan dan KB, Rinawati, perwakilan dinas kesehatan dan Pertanian, camat dan masyarakat.

Kemudian acara sosialisasi PKDRT di desa Sukaramai Kecamatan panyabungan Utara juga dirajut dengan pemberian bantuan bibit dari dinas Pertanian dan pemberian tanaman pengusir nyamuk (lavender) serta posyandu dari dinas kesehatan Madina. (Barata/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya