Rekomendasi

Miris! Ibu Kena Stroke, Anak Menderita Gangguan Jiwa dan Kangker

Selasa, 29 Agustus 2017 : 09.00
Sriwati selain mengalami gangguan kejiawaan juga menderita kangker payudara hanya bisa tiduran di kamarnya (foto:made/hariankota)
DENPASAR - Sriwati (38) hanya bisa tiduran didalam kamarnya. Sejak dua tahun lalu, warga Banjar Kelatakan, Melaya ini menderita kangker payudara. Payudara sebelah kanan dari Sriwati terus membesar.

Ironisnya, selain menderita kangker payudara, bekas buruh di pabrik roti yang belum menikah hingga kini itu mengalami gangguan kejiwaan. "Kalau penyakitnya kambuh, Sriwati teriak-teriak kesakitan," papar Jumaidi (44) kakak dari Sriwati, Selasa (29/8/2017).

Penderitaan keluarga ini tak terhenti hanya disitu saja. Selain hidup dibawah garis kemiskinan, Usreg (85) ibu dari Sriwati ini pun sejak setahun lalu juga mengalami stroke. Karena lumpuh, Usreg hanya bisa duduk sambil bengong di depan rumahnya.

"Ibu saya sudah renta dan sejak setahun lalu lumpuh karena sakit stroke," ujar Jumaidi.

Untuk menyambung hidup keluarganya itu, Jumaidi yang menduda hanya bekerja sebagai penjaga tambak kerang mutiara dengan penghasilan yang pas-pasan. Jumaidi juga harus merawat ibu dan adiknya yang sakit.

"Berbagai upaya sudah saya lakukan untuk mengobati ibu dan adik saya tetapi tidak sembuh. Sekarang saya hanya bisa pasrah," ujarnya. Sementara itu, Klian Banjar Klatakan, Abdul Sakur mengatakan, keluarga Usreg memang masuk KK miskin.

Untuk penanganan Sriwati sudah dilakukan dengan berkoordinasi ke Puskesmas Melaya. Petugas Puskesmas Melaya juga sudah rutin mengecek kondisi Sriwati dan informasinya Sriwati sudah terdaftar sebagai orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

"Untuk kesehatan jiwanya juga sudah dilakukan penanganan dari Puskesmas," ujarnya. (made/fer)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya