Rekomendasi

Awas! Akhir Pekan Ketinggian Gelombang di Pantai Selatan Capai 4,5 Meter

Sabtu, 02 September 2017 : 22.21
CILACAP - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan berhati-hati pada wisatawan dan para nelayan bila beraktifitas di perairan Laut Selatan atau Samudra Hindia akhir pekan ini. Pasalnya, gelombang setinggi 4 meter berpotensi terjadi.

Dalam rilis tersebut, BMKG memperkirakan tingginya gelombang Samudra Hindia itupun akan terasa hingga pantai-pantai yang ada di Kabupaten Cilacap, Kebumen, Purworejo, Kulonprogo, Bantul, Gunngkidul dan Wonogiri.

Gelombang tinggi juga akan merambah pesisir selatan Jawa Timur sejak Pacitan hingga Banyuwangi.

BMKG juga merinci gelombang setinggi 2,5 meter hingga 4 meter (Rough Sea) dalam pekan ini akan terjadi di perairan Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano, Samudera Hindia barat Kep. Mentawai hingga Lampung, Perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten, Samudera Hindia selatan Jawa Timur.

Sedangkan gelombang 1,25 meter hingga - 2,50 meter (Moderate Sea) di antaranya akan terjadi perairan Sabang, perairan Barat Aceh, perairan Kep. Nias, Samudera Hindia barat Aceh dan Kep. Nias, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan Selatan Jawa, Samudera Hindia selatan Jawa Barat hingga Jawa Tengah, Selat Bali bagian selatan, Selat Badung dan Selat Lombok bagian selatan.

"Kami mengimbau kepada wisatawan yang memiliki agenda rekreasi ke pantai selatan Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk lebih berhati-hati karena gelombang tinggi bisa datang sewaktu-waktu," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap, Rendi Krisnawan, Sabtu (2/9/2017).

Petugas jaga di obyek wisata pantai pun diminta meningkatkan kewaspadaan dan mengingatkan para pengunjung agar tak berenang terlalu jauh dari bibir pantai.

"Terlebih saat ini masih libur panjang, wisatawan pasti membeludak. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, diimbau untuk menjauhi garis pantai," ucap Rendi. (hus/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya