Rekomendasi

Bandara Baru Kulon Progo Rawan Gempa dan Tsunami

Senin, 04 September 2017 : 22.30
ilustrasi
YOGYAKARTA - Bandara baru di Kulon Progo Yogyakarta merupakan lokasi yang memiliki potensi bencana cukup tinggi, seperti gempa bumi dan tsunami. Sebab, jarak antara bandara dan bibir pantai hanya sekira 200 meter.

Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Jaya Murjaya tak menyanggah selatan jawa merupakan tempat yang memiliki kerawanan tinggi terhadap bencana tersebut, termasuk bandara baru yang tengah dalam pembangunan.

"Bangunan harus tahan gempa, bangunan bisa rusak karena gempa, tapi tidak boleh roboh," katanya dalam seminar "Potensi Bahaya Gempa Bumi & Tsunami dan Metode Mitigasi Bandara Kulon Progo" di University Club UGM Yogyakarta, belum lama ini.

Kepala Pusat Peneliti Geo Tsunami Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Eko Yulianto juga mengakui hal itu. Meski demikian, perlu ada kajian komperhensif dalam analisis resiko bencana.

"Kita tau selatan jawa resiko bencana tinggi, ibarat kita kendarai motor resiko jatuh. Apa yang musti dilakukan, gunakan pelindung tubuh, helm, dan lainnya," katanya.

Asisten Debuti Pelayanan Perikanan dan Pariwisata Kemenko Maritim, Rahman Hidayat menyampaikan isu lokasi bandara di Kulon Progo rentan bencana memunculkan polemik.‎ (dab/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya