Rekomendasi

Edukasi Masyarakat, 33 Kantor Resmi Perjalanan Umrah dan Haji DIY Pameran Bareng

Kamis, 07 September 2017 : 17.38
YOGYAKARTA - Pebisnis agen perjalanan haji dan umrah resmi yang tergabung dalam Forum Pengusaha Umrah dan Haji di Yogyakarta (Forpuhy) kumpul bersama. Sebanyak 33 agen travel itu akan mengelar pameran di Jogja City Mall selama tiga hari, 8-10 September ini.

Tujuannya, mengedukasi masyarakat calon jamaah umrah dan haji agar tidak tertipu seperti yang dilakukan First Travel. Terdapat 150 paket umrah yang dipamerkan selama tiga hari itu.

"Ini pertama kami pameran bareng agar tidak ada dusta diantara kita. Kami berharap mengetahui betul tentang perjalanan ibadah ini," kata Ketua Forpuhy, Tanto pada wartawan.

Dia membeberkan sebagian besar biaya umrah maupun haji pada penerbangan dan juga penginapan. Hampir 60-70% biaya yang cukup tinggi itu terletak pada penerbangan dari tanah air ke tanah suci Makkah, Arab Saudi.

"Biaya penerbangan saja bisa menelan dana sekitar Rp 13 juta. Apa masuk akal kalau biaya umrah hanya Rp 14 juta, dalam hitungan bisnis jelas tidak masuk akal, belum lagi biaya penginapan dan biaya hidup selama di sana," jelasnya.

Dia menyampaikan, biaya paling rendah untuk perjalanan umrah sekira Rp 20 juta. Pameran ini memberi gambaran pada masyarakat agar tidak mudah tertipu dengan dalih biaya murah seperti yang dilakukan First Travel.

"Kita ingin ada buka bagaimana pengelolaan serta kepastian pemberangkatan agar ke depan jangan sampai ada lagi calon jamaah umroh yang tertipu oleh travel nakal," tandasnya.

Wakil Sekertaris Jenderal Assosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan Inbound Indonesia (Asphurindo) Wawan Setiawan menambahkan, upaya pencegahan selaian memperketat aturan, juga ada rekomendasi pada travel umroh baru ke Kementerian Agama.

Pihaknya juga mengandeng berbagai maskapai penerbangan untuk mempermudah jadwal keberangkatan.

"Saat ini bersama Citylink, agen travel resmi sudah memesan 31.000 tiket yang bisa dipesan anggota dan berangkat setiap hari. Kami (Asphurindo) dalam proses akhir kerjasama dengan Garuda Indonesia, juga penyediaan 35.000 tiket untuk tahun ini," katanya.

Kondisi ini harus dilakukan mengingat dalam dua tahun terakhir jumlah jamaah umrah, yang berangkat dari September - Mei setiap tahunnya, terus meningkat. Jamaah umrah Indonesia saat ini terbesar dengan peringkat kedua setelah Pakistan.

Humas Kemenag DIY Bramma Aji menyambut baik pertemuan itu. Biro agen perjalanan umrah dan haji yang resmi tercatat di kemenag sebanyak 33 nama.

"Yang resmi terdaftar ada 33 biro perjalanan umrah dan haji, sisanya tidak terdaftar dan itu jumlahnya banyak," katanya.

Untuk itu, kata dia, cara bijak dalam menjalankan ibadah umrah harus teliti. Artinya, jangan hanya mencari biaya yang dibawah standar (kurang lebih 20 juta), harus lebih selektif dalam memilih bira perjalanan," tandasnya. (dab/rahayu)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya