Rekomendasi

Efek Uji Coba Bom Nuklir, Warga Padang Rasakan Gempa

Minggu, 03 September 2017 : 18.10
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Sumatra Barat merilis, intensitas getaran terasa Magnitudo 6,2 Skala Richkter. Sehingga getaran yang dirasakan warga padang, diduga efek dari uji coba nuklir Korea Utara (Korut).

Data yang tercatat Badan Geologi Amerika Serikat (USGS), getaran yang tercatat di dekat sumber juga sebesar Magnitudo 6,2 SR.

Kepala BMKG Sumatra Barat, Rahmat Triyono menyebutkan, ada perbedaan mendasar antara gelombang yang merambat akibat gempa dan gelombang yang dirambatkan ledakan seperti nuklir.

"Gelombang gempa, memiliki gelombang primer dan sekunder. Sedangkan gelombang yang merambat akibat ledakan nuklir hanya memiliki gelombang primer tanpa sekunder. Korea utara diindikasikan melakukan uji coba nuklir," ujar Rahmat, Minggu (3/9).

Rahmat menyebutkan, sinyal gelombang akibat ledakan nuklir ini tercatat di Stasiun BMKG Padang Panjang. BMKG Kota Padang memprediksi, indikasi sumber ledakan terjadi pada 10.29 WIB dan sinyal gelombang tiba di padang pada 10.38 WIB.

Dikutip dari The Guardian, pemerintah Korea Utara mengklaim secara sukses melakukan uji coba nuklir. Pyongyang menyebutkan uji coba dilakukan dengan bom hidrogen dengan kekuatan 100 kiloton. (Sari/fer)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya