Rekomendasi

Gerah RSUD Karanganyar Disebut Nomer Duakan Pemegang BPJS, Ini Kata Bupati

Selasa, 12 September 2017 : 17.44
KARANGANYAR - Sorotan dan kritikan tajam dari 3 fraksi DPRD Karanganyar terhadap pelayanan RSUD yang menomor duakan pasien yang menggunakan BPJS serta keluhan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit umum daerah (RSUD), ditanggapi bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Menurut bupati, tidak ada perbedaan pelayanan antara pasien yang menggunakan BPJS dan pasien umum.

“Tidak ada perbedaan pelayanan, semua sama. Kalau pasien umum langsung membayar, sedangkan pasien BPJS, ditanggung melalui program BPJS. Hanya saja mungkin prosesnya yang lama,” kata bupati.

Untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat, menurut bupati, pemkab akan segera membangun Puskesmas yang dilengkapi dengan fasilitas rawat inap, sehingga tidak terjadi penumpukan pasien di RSUD.

Saat ini, menurut bupati, Puskesmas yang dilengkapi dengan fasilitas rawat inap, baru ada di Kecamatan Jatipuro. “Ini kan akibat pasien terkonsentrasi di RSUD. Kita segera bangun Puskesmas dengan fasilitas rawat inap, sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih maksimal,“ ujar bupati.

Baca juga:
Sementara itu, wakil bupati Karanganyar, Rohadi Widodo mengatakan, keluhan masyarakat merupakan bagian dari  perbaikan pelayanan RSUD terhadap masyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih atas segala kritikan dan masukan dari masyarakat. Kami akan melakukan perbaikan, baik secara struktural maupun managemen, sehingga pelayanan RSUD jauh lebih baik, terutama dibawah kepemimpinan managemen baru ini,” harapnya.

Ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Dirut RSUD yang baru, Wahyu Purwadi mengatakan, sebenarnya tidak ada perbedaan pelayanan antara pasien BPJS dan umum. Menurut Wahyu, di era JKN ini, mayoritas pasien RSUD adalah  peserta BPJS.

“Untuk meningkatkan mutu pelayanan, saat ini, RSUD sedang dalam proses akreditasi. Salah satunya kami upayakan dengan pelatihan excelent service untuk para petugas. Diharapkan pelayanan yang diberikan semakin lebih baik,” kata dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tiga fraksi DPRD Karanganyar menyoroti pelayanan RSUD Karanganyar, terutama adanya perbedaan pelayanan terhadap pasien BPJS dan pasien umum. (Isw/fer).

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya