Rekomendasi

Ikuti Miss Earth di Filipina, Michelle Promosikan Pariwisata

Rabu, 13 September 2017 : 17.29
Ikuti Miss Earth di Filipina, Michelle Promosikan Pariwisata
YOGYAKARTA - Setelah terpilih sebagai Miss Earth Indonesia 2017, Michelle Victoria Alriani siap mengikuti kompetisi Miss Earth tingkat dunia pada November 2017 di Filipina.

Sebagai duta dari Kota Budaya Yogya, Michelle berencana membagikan pesan filosofis 'Hamewayu Hayuning Bawana' dalam kompetisi kecantikan dunia yang mempromosikan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Hamewayu Hayuning Bawana memiliki makna usaha manusia untuk memperindah (hamemayu) keindahan (hayuning) dunia (bawana).

Dalam filosofi jawa, dunia bersifat komprehensif yang mencakup kehidupan pribadi manusia (bawana alit), bangsa dan dunia (bawana ageng), dan dunia akhirat yang kekal (bawana langgeng).

Filosofi ini, menurut KPH Wironegoro yang merupakan salah satu menantu Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, lingkungan hidup bersifat kompleks karena mencakup dimensi budaya dan dimensi spiritual yang harus dipercantik oleh insan-insan yang berperasan halus dan berjiwa luhur.

"Kehadiran Michele di konteks Miss Earth menjadi pembeda karena membawa pesan kearifan lokal. Sejauh ini empat besar kontes kecantikan dunia (miss universe, miss world, miss international, dan miss earth) lebih mempromosikan ide ide Barat. Adapun Michelle akan mengusung keluhuran budaya Ngayogyokarta Hadiningkrat (Kraton) di kancah global," kata KPH Wironegoro di Yogyakarta.

Menurut suami GKR Mangkubumi ini, busana yang akan dikenakan Michelle dirancang penuh makna. Bukan hanya indah, tapi juga media untuk menyebarkan nilai-nilai luhur budaya.

Warna putih melambangkan kesucian hati, warna soft pink dan soft green melambangkan kelembutan batin, dan lainnya. "Ornamen bunga melambangkan harapan dan kecantikan, ornaman burung melambangkan harapan dan nilai luhur," tuturnya.

Sementara bagi Michelle, busana merupakan ungkapan doa yang lahir dari batin yang suci. Dalam kesempatan itu nanti, ia juga akan mempromosikan dunia pariwisata. Tak hanya Yogyakarta, tapi destinasi wisata di Indonesia.

"Yogyakarta ini hampir semua destinasi wisata ada. Kemarin saja Obama (Barrack Obama, Presiden AS ke 44) dan keluarganya liburan di Yogyakarta setelah di Bali," kata perempuan yang menguasai empat bahasa, Inggris, Prancis, Jepang, dan Indonesia ini.

Michelle sangat berterimakasih atas dukungan dari Kraton Yogyakarta. KPH Wironegoro sendiri merupakan tokoh dari Kraton Yogya yang menjadi tim perancang busana dan perias dengan mengandeng beberapa tokoh kenamaan. (dab/rahayu)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya