Rekomendasi

Jaksa Lakukan Kasasi Menyusul Hakim Tidak Bulat Vonis Bebas Dahlan Iskan

Sabtu, 09 September 2017 : 22.46
JAKARTA - Jaksa Agung M Prasetyo meminta jaksa penuntut umum (JPU) perkara Dahlan Iskan, Mantan Meneg BUMN era Pemerintahan SBY mempertahan keyakinannya. Ini menyusul putusan Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya tidak bulat.

“JPU di Pengadilan Tipikor Surabaya, dapat membuktikan perbuatannya dan lima anggota majelis hakim sepakat menyatakan bersalah,” kata Prasetyo di Jakarta, Sabtu (9/9/2017).

Sedangkan, dalam putusan majelis hakim banding di PT Surabaya yang dilaporkan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejari) Jatim, diambil secara tidak bulat, dimana tiga anggota majelis hakim menyatakan tidak terbukti, seorang terbukti dan seorang bebas demi hukum.

“Selain itu, sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) ketika ada putusan bebas ya ada upaya hukum,” papar Prasetyo.

Namun demikian, menurut Prasetyo, semua itu adalah kewenangan JPU untuk menentukan langkah hukum berikutnya. “Saya tunggu putusan resmi dari Kejati Jatim (Maruli Hutagalung),” ucapnya.

Pengadilan Tinggi Surabaya telah membebaskan Dahlam Iskan dari segala tuntutan pidana terkait perkara penjualan aset milik Pemprov Jatim melalui PT Panca Wira Usaha, seminggu sebelum Hari Raya Idhul Adha, 1 September 2017. (uut/fer)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya