Rekomendasi

Mantap, 100 Ribu Anak Sukoharjo Bakal Memiliki KIA

Minggu, 03 September 2017 : 18.17
100 Ribu Anak Sukoharjo Bakal Memiliki KIA (foto: Sapto Nugroho/hariankota)
SUKOHARJO - Kebijakan Kemendagri tentang program penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) yang telah dicanangkan berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak (KIA) atau KTP anak, oleh Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) baru terealisasi pada tahun ini, tepatnya Agustus lalu.

Dengan dimulainya program tersebut, nantinya sekira 100 ribu anak di Kota Makmur dipastikan bakal memiliki KIA.

"Pendaftaran KIA di Sukoharjo telah dimulai sejak 1 Agustus 2017. Hingga saat ini Disdukcapil telah menerbitkan sekira 1000 kartu," terang Kepala Bidang Pendaftaran dan Kependudukan, Disdukcapil Kabupaten Sukoharjo Surasa, akhir pekan lalu.

Menurut penjelasannya, KIA akan diterbitkan dalam dua kriteria yakni, bagi balita umur 0-5 tahun tanpa foto dan anak umur 5-17 tahun kurang satu hari dengan foto diri. Meski tak dibebani target Disdukcapil Sukoharjo sudah mendapatkan kiriman sebanyak 75.000 ribu blanko KIA siap cetak dari Pemerintah Pusat.

Hanya saja, lantaran keterbatasan peralatan maka pihak disdukcapil belum dapat menjangkau kesemua wilayah di 12 kecamatan yang ada. "Kita belum mendatangi sekolah atau desa untuk percepatan penerbitan KIA, karena alat cetak kita belum memadai," ungkapnya

Meski begitu, Surasa berkomitnen akan jemput bola ke sekolah-sekolah guna menuntaskan program tersebut. Sementara itu, untuk saat ini prioritas penerbitan KIA baru pada bayi yang baru lahir, bersamaan penerbitan akta kelahiran

"Kalau yang umur 5-17 tahun itu harus memakai foto dan tentunya masih harus berkoordinasi dengan dinas pendidikan," ujarnya.

Adapun syarat untuk mendapatkan KIA umur 5-17 tahun harus menunjukkan Akta Kelahiran, menyertakan KTP orang tua, Kartu Keluarga (KK) dan melampirkan foto ukuran 2x3.

Seperti di ketahui, aturan kebijakan penetapan dan ketentuan anak mempunyai KIA / Kartu Tanda Penduduk Anak ini mempunyai beberapa manfaat bagi sang anak itu sendiri.

Dari sekian manfaat kepemilikan KIA tersebut diantaranya, sebagai bentuk pemenuhan hak anak, untuk mendaftar sekolah, bisa juga untuk keperluan yang membutuhkan identitas anak misalnya menabung di bank, kemudian untuk mendaftar BPJS, proses identifikasi jenazah jika korbannya anak-anak, dan masih banyak manfaat lainnya. (Sapto/martin)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya