Rekomendasi

Napak Tilas 40 Tahun NASA, ISI Yogya Gelar Sounds of the Universe

Senin, 04 September 2017 : 21.04
YOGYAKARTA - Napak tilas 40 tahun diluncurkannya pesawat tanpa awak Voyager oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika (NASA), Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta akan mengelar Pagelaran 24 Jam Menabuh bertema Sounds of the Universe (suara alam semesta,red).

Lebih dari 1000 pengrawait (penabuh gamelan atau musik karawitan) yang terbagi dalam 29 kelompok karawitan unjuk gigi di Concer Hall dan Pendopo Jurusan Karawitan FSP ISI Yogya pada 5-6 September 2017.

Ke 29 kelompok itu tidak hanya dari mahasiswa ISI Yogyakarta saja, tapi juga pengrawit dari luar kampus di Jalan Parangritis, Bantul, DI Yogyakarta itu.

Rinciannya, terdapat lima kelompok profesional, lima kelompok karawitan wanita, tiga kelompok karawitan tingkat SMTA, tiga kelompok anak-anak serta satu kelompok hadroh dari Kulon Progo.

Selain itu, terdapat juga 13 kelompok dari UKM Perguruan Tinggi. Kelompok Karawitan Bali Purantara Yogyakarta dan Sanggar Tari Bali Saraswati Yogyakarta juga turut dalam mengisi dalam pembukaan acara ini. 

Raja Kraton Yogyakarta yang juga Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang akan membuka acara ini.

"Ngarsodalem (sapaan Sultan HB X,red) akan membuka langsung acara ini. Kita sudah konfirm dengan sekertaris beliau, rencananya Ngarsodalem sendiri yang akan hadir," kata Dekan FSP ISI Yogyakarta, Yudi Aryani di kampus itu, belum lama ini.

Selain dari Kasultanan, kampus ini juga mengundang pihak Puro Pakualaman Yogyakarta dan Mangkunegaran Surakarta untuk hadir. "Kita juga ingin lebih mengingatkan kembali bahwa karawitan sudah mendunia dan diakui dunia sebagai warisan budaya yang luhur," katanya.

Aryani menyampaikan manfaat akademik dari pertunjukan ini untuk meningkatkan kualitas ketrampilan dan keilmuan bagi mahasiswa juga dosen. Keterlibatan seniman di luar ISI Yogyakarta ini juga bisa mengikat kebersamaan antar seniman karawitan itu sendiri. (dab/rahayu)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya