Rekomendasi

Suasana Idul Adha, Dari Sukabumi Hingga Pulau Dewata Bali

Jumat, 01 September 2017 : 19.47
DENPASAR - Hari ini umat muslim di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Adha. Kemeriahaan idul adha pun sangat terasa saat kumandang takbil mengagungkan nama ALLAH SWT menggema jagat raya.

Berikut team reportase hariankota.com terdiri dari Wawan Darmawan, Nugi Hartanto, Sapto Nugroho, Iwan Iswanda, Made Segandha merangkum seluruh kemeriahaan Idul Adha. Mulai dari Sukabumi, lokasi Presiden Jokowi merayakan Idul Adha hingga Pulau Dewata Bali. 

Sukabumi
Presiden Joko Widodo merayakan Idul Adha di Sukabumi, Jawa Barat. Di Sukabumi, Jokowi melaksanakan sholat Idul Adha di lapangan Merdeka, Sukabumi.

Usai sholad Idul Adha, orang nomer satu di Republik ini menyerahkan hewan kurban di Masjid Agung Sukabumi, sebelum melanjutkan perjalanan ke Kelurahan Kebonjati, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

Di sini, Jokowi menyaksikan penyerahan 1.500 paket sembako serta memberikan hewan kurban sapi jenis simental dengan berat 851 kg. Jokowi berharap agar sapi yang diserahkan kepada pengurus masjid Kebon Jati dapat dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

"Ini besar sekali. Mantap," ucap Jokowi, Jumat (1/9/2017).

Dari Kecamatan Cikole, Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Mantan Wali Kota Solo itu menyerahkan hewan kurban seekor sapi jenis simental dengan berat 1,1 ton dan 1.500 paket sembako.

Semarang
Proses penyembelihan hewan kurban sempat diwarnai kaburnya hewan kurban Sapi saat akan disembelih. Bukannya selamat dari kematian, ia malah tercebur ke dalam sumur. ‎

Peristiwa berawal dari kebingungan warga di sekitar Masjid Ta’lim Al Mu’awanah, Perum Gemah, Pedurungan Kidul, Kota Semarang. Warga bingung karena salah satu sapi yang hendak disembelih tiba-tiba menghilang.

Padahal sejak malam, warga sengaja mengikat sapi dekat salah satu sumur warga. Pengikatan dekat sumur agar memudahkan proses pembersihan daging usai dipotong.

Warga curiga melihat bibir sumur pecah. Ketika lubang sumur ditengok, benarlah sapi itu di sana dan masih hidup. Sapi seberat 800 kg itu kemudian diangkat dengan tali.

Namun karena tidak memiliki kemampuan dasar penyelamatan, warga kesulitan mengeluarkan si sapi dari dalam sumur. Mereka kemudian menghubungi Tim Penyelamat Basarnas.

Sukoharjo
Sebuah tradisi sarat pesan keikhlasan dalam Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah di gelar Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam pada, Jumat (1/9/2017). Sedikitnya 3200 paket daging kurban masing-masing seberat 1,5 kilo sengaja di bagikan kepada masyarakat hingga ke pelosok desa.

Kegiatan tahunan yang berjalan sejak tahun 1982 PPMI Assalaam berdiri tersebut dilaksanakan oleh sekira 2300 santriwan-santriwati dimulai usai melaksanakan Sholat Idul Adha di lapangan lingkungan Ponpes setempat dan, dilanjut penyembelihan hewan kurban.

Humas PPMI Assalaam, Qomaruddin menyebutkan, tahun ini ada 27 ekor sapi serta 9 kambing yang disembelih sebagai hewan kurban. Adapun hewan kurban pengadaannya melalui iuran santri dan ada juga merupakan kurban dari orang tua santri.

Rencananya tidak semua hewan kurban di sembelih diponpes. Beberapa akan di serahkan kepada kelomook warga binaan. Diantaranya di daerah Tepus, Kabupaten Gunung Kidul DIY, daerah Padi Kabupaten Pacitan di Jawa Timur dan Sinongko Kabupaten Karanganyar.

Dari sekira 3200 paket daging yang sudah dikemas, sekira 1500 di bagikan kepada warga sekitar dan warga lingkungan ponpes, yakni keluarga besar PPMI Assalaam. Sementara sisanya dibagikan keluar daerah di desa binaan.

Karanganyar
Hal serupa pun terlihat di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sebanyak 4866 ekor sapi dan 10008 ekor kambing, disembelih pada hari raya Idul Adha 1438 H, dan tersebar di 17 Kecamatan yang berada di Kabupaten Karanganyar.

Usai melaksanakan sholat Idul Adha, bupati dan wakil bupati, menyerahkan hewan qurban, berupa satu ekor sapi kepada warga sekitar. Pantauan hariankota.com, proses penyembelihan hewan qurban ini, dipantau langsung oleh Dinas Peternakan dan Perikanan karanganyar.

Denpasar
Perayaan Idul Adha pun terlihat di Pulau Dewata Bali. Antusias masyarakat Muslim di Bali terlihat dengan memadati tempat pelaksanaan ibadah di Bali.

Antusias warga juga dapat dilihat dari peningkatan dalam jumlah penyerahan hewan kurban, hampir di semua masjid di Bali melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Jumlah kurban sapi tahun ini sebanyak 89 ekor sapi dan kambing 250. (team/fer)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya