Rekomendasi

TNI Dikerahkan Padamkan Kebakaran di Gunung Bromo

Rabu, 13 September 2017 : 20.25
PASURUAN – Para prajurit TNI dari Koramil 0818/24 Poncokusumo diterjunkan membantu memadamkan Kebakaran di padang rumput Gunung Bromo yang sudah mencapai 80 hektar.

Para petugas saat ini masih terus berjibaku memadamkan api. Danramil 0818/24 Poncokusumo Kapten Inf Puguh Sumarsono mengatakan upaya pemadaman sempat terkendala alam karena angin kencang.

“Area yang terbakar diperkirakan mencapai lebih 80 hektar lahan. Puluhan hektar lahan itu, tidak hanya padang sabana, namun juga area perbukitan yang mengelilingi Gunung Bromo. Mudah-mudahan bisa segera padam,” ujarnya melalui keterangan tertulis kepada hariankota.com, Rabu (13/9/2017).

Kapten Inf Puguh Sumarsono merinci, petugas yang membantu pemadaman berasal dari unsur TNI, Polri, relawan Bromo Lovers serta elemen lainnya.

“Kebakaran di padang sabana lebih mudah diatasi. Tapi yang di lereng atau tebing cukup sulit. Titik api juga merambat ke daerah Jontur, Watu Kuto, dan lereng B29, yang terletak di sisi selatan gunung Bromo. Bahkan api juga dilaporkan membakar area flora di sekitar Penanjakan Kabupaten Pasuruan, meliputi Dingklik dan bukit cinta,” jelasnya.

Kebakaran diketahui oleh wisatawan saat berkunjung di sekitar bukit teletubbies. “Untuk penyebabnya, belum kami ketahui secara pasti. Saat ini kami masih fokus kepada proses pengendalian api, baru kemudian menyelidiki penyebabnya,” pungkasnya. (vin/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya