Rekomendasi

Dampak Erupsi Gunung Agung, Ribuan Penumpang Pesawat Jogja Gagal ke Bali

Senin, 27 November 2017 : 18.51
YOGYAKARTA - Ribuan penumpang pesawat dari Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta gagal terbang ke Bali. Sedikitnya ada 15 penerbangan yang dibatalkan dari dan ke Denpasar Bali.

General Manajer Angkasa Pura (AP) I Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan ada 1.123 penumpang batal berangkat ke Bali. Pihaknya sudah menyiapkan dua area parkir untuk pesawat yang dialihkan pendaratannya.

"Sesuai Notam A4242/17 Bandara I Gusti Ngurah Rai ditutup dari 07.15 WITA mulai dari tanggal 27 November sampai dengan 28 November pukul 07.00 WITA. Penutupan akibat letusan Gunung Agung yang mengganggu penerbangan," katanya pada wartawan, Senin (27/11/2017).

Akibatnya, sebanyak 15 penerbangan langsung dari dan ke Yogyakarta-Denpasar dibatalkan. Selain ribuan penumpang gagal terbang ke Bali, ada sekira 810 penumpang yang gagal mendarat di Kota Gudeg Yogyakarta ini.

Pandu merinci ada enam penerbangan pesawat Garuda Indonesia yang batal terbang. Kemudian, empat pesawar Air Asia, tiga penerbangan pesawat Lion Air, dan dua pesawat NAM Air.

Pihaknya juga sudah membatalkan dua penerbangan yaitu Lion dan NAM Air dengan total penumpang 290 orang. Penerbangan itu sedianya dijadwalkan berangkat pukul 07.00 WIB.

"Waktu itu pas saat pemberitahuan Bandara Ngurah Rai ditutup, penumpang yang sedianya akan terbang ke Bali dari Yogyakarta dibatalkan," jelasnya.

Secara teknis, kata Pandu, penumpang yang dibatalkan bisa melakukan pengembalian biaya atau merubah jadwal penerbangan. Tentunya, disesuaikan setelah Bandara Ngurah Rai resmi dibuka kembali untuk aktifitas penerbangan. (dab/fer)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya