Rekomendasi

Erupsi Gunung Agung Baru 40 Ribu Warga Mengungsi, BNPB: Jika Menolak, Evakuasi Paksa

Selasa, 28 November 2017 : 08.27
JAKARTA - Seiring meningkatnya status Gunung Agung menjadi level IV atau level awas yang ditetapkan oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Senin (27/11) pukul 06.00 WITA, pemantauan terhadap warga semakin ditingkatkan.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menyampaikan pasca penetapan status awas, warga yang berada di zona berbahaya sudah mulai mengungsi.

Warga yang berada di lokasi zona bahaya harus segera mengungsi, pasalnya keselamatan meraka juga terancam dengan banjir lahar dingin yang bisa saja datang tiba-tiba karena saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Berdasar zona bahaya yang sudah ditetapkan ada 22 desa yang warganya harus mengungsi. Dan BNPB baru mencatat 40 ribu warga yang sudah mengungsi," tutur Sutopo.

Berarti masih ada sebagian warga yang belum mengungsi,kemungkinan mereka menunggu ternaknya untuk dievakuasi juga. Dan saat ini penyisiran dari tim gabungan terus dilakukan dan jika diperlukan akan dilakukan juga evakuasi paksa.

"Waspadai banjir lahar dingin yang membawa material erupsi berupa abu dan pasir yang terbawa air hujan," jelasnya.

Untuk itu warga dihimbau tidak melakukan aktifitas di sekitar sungai yang bisa saja membahayakan karena kondisi hujan, banjir bisa sewaktu-waktu datang dengan membawa sejumlah material berat hasil erupsi gunung Agung. (Gunadi/fer)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya