Rekomendasi

Hari Guru: Janji Manis Pemkab Tingkatkan Kesejahteraan Guru Honorer

Rabu, 29 November 2017 : 15.43
KARANGANYAR - Dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar berjanji akan meningkatkan kesejahteraan para guru honorer yang telah mengabdi di berbagai sekolah. Peningkatan kesejahteraan tersebut, dianggarkan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2018.

Hal tersebut dikatakan kepala Disdikbud Karanganyar, Tarsa, usai upacara hari guru, hari PGRI, hari Korpri dan hari kesehatan, di alun-alun setempat, Rabu (29/11/2017). Dalam hari guru tersebut, bupati Karanganyar, memberikan penghargaan terhadap para gur di bumi Intanpari.

“Kita tetap akan meningkatkan kesejahteraan para guru honorer ini. Kita telah ajukan melalui APBD tahun 2017,” katanya. Selama ini, menurut Tarsa, para guru honorer ini, menerima penghasilan dari sekolah masing-masing. Penghasilan yang diterima, lanjut Tarsa, disesuaikan dengan kemampuan sekolah.

Tarsa juga berjanji akan memperjelas status para guru honorer ini. Selama ini, menurut Tarsa, status guru honorer tidak jelas, karena mereka diangkat oleh kepala sekolah maupun komite sekolah, sehingga tidak ada kejelasan status.

“Status mereka akan kita perjelas. Bukan berarti diangkat menjadi PNS, melainkan dengan sistem kontrak. Konsep ini masih terus kita diskusikan,” jelasnya.

Sementara itu,ketua PGRI Karanganyar, Aris Munandar, mengaku tidak dapat berbuat banyak terkait dengan tuntutan para guru honorer agar diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Hanya saja,Aris tetap berupaya, jika ada seleksi PNS khususnya guru, maka PGRI berharap agar pengisian formulasi guru ini diambilkan dari guru honorer.

“Beberapa wakt lalu saya audiensi dengan Menpan terkaiata dengan para guru honorer dan wiyata bhakti. Dari hasil audiensi tersebut, dalam waktu dekat aka nada seleksi penerimaan guru PNS. Kami berharap formulasi untuk guru, dapat diambil dari guru wiyata bhakti maupun honorer, sebagai bentuk penghargaan kepada meraka yang telah lama mengabdi,” ujarnya. (Iwan Iswanda/rahayu)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya