Rekomendasi

Jalur Porong Tergenang Air, PT KAI Terpaksa Hentikan 9 Perjalanan Kereta

Senin, 27 November 2017 : 22.18
SIDOARJO - Jalur lintas Porong, Sidoarjo, Jawa Timur banjir. Akibat tergenangnya jalur Porong, tak hanya jalan raya saja terganggu. Namun perlintasan kereta api Tanggulangin – Porong, Sidoarjo di Km 32+000 hingga Km 32+300 ditutup sementara akibat tergenang air 40 cm.

DAOP VIII PT.KAI penutupan jalur perlintasan itu diambil disebabkan adannya kekhawatiran bila tetap beroperasi berpotensi mengganggu keselamatan perjalanan KA. Setidaknya 7 perjalanan KA Penumpang dan 2 KA Barang, sementara waktu harus diberhentikan, karena ketinggian air yang belum surut.

Beberapa perjalanan KA penumpang kemudian dialihkan dengan bus menuju tempat tujuan. Selain itu beberapa perjalanan KA lainnya dialihkan melalui lintas Blitar – Kertosono.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri, menginstruksikan kepada Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Bagian Timur dan jajaran DAOP VIII PT.KAI untuk menggunakan lokomotif CC 300 sebagai upaya antisipasi agar perjalanan KA dapat terus berjalan.

"Lokomotif CC 300 atau biasa disebut “Si Merah” dapat beroperasi pada kondisi genangan air maksimum 50 Cm, tidak seperti lokomotif umumnya dengan penggerak Diesel Elektrik ketika terjadi genangan air akan berdampak pada kinerja motor listriknya,"terangnya, Senin (27/11/2017).

Lokomotif tersebut kemudian dioperasikan untuk menarik 9 gerbong ZZOW yang mengangkut balas guna penguatan dan peninggian jalur KA yang telah tergenang air.

Menghadapi cuaca ekstrim beberapa hari kedepannya diperkirakan beberapa daerah berpotensi menjadi penyebab hambatan perjalanan kereta, seperti yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur serta beberapa lokasi lain di Sumatera Selatan. (rahayu/irawan)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya