Rekomendasi

Jogja Tanggap Bencana, Anggota Dewan Ajak Gotong Royong Tangani Dampak Musibah

Rabu, 29 November 2017 : 23.04
YOGYAKARTA - Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan telah menerima laporan situasi terkini dari BPBD DIY atas dampak anomali cuaca di Kota Gudeg Yogyakarta ini. Dia juga mendapat informasi tingkat kerusakan harta benda, hingga adanya korban jiwa akibat bencana longsor.

Politisi PDI Perjuangan ini meminta masyarakat meningkatkan rasa solidaritas dan gotong royong untuk saling membantu. Eko juga mengajak agar meningkatkan kewaspadaan diri dengan cuaca hujan yang terus berlangsung beberapa hari terakhir ini.

"Kita sampaikan duka cita, semoga keluarga yang ditinggalkan bersabar atas musibah ini, saat ini seluruh potensi penanggulangan bencana tengah bekerja," kata Eko Suwanto, Rabu (29/11/2017).

Dukungan langkah operasi penanggulangan bencana di daerah oleh BPBD DIY telah diberikan, termasuk opsi jika diperlukan tambahan anggaran operasional. Begitu juga tim relawan yang terus berjibaku dalam upaya penyelamatan, evakuasi, hingga beri bantuan yang dibutuhkan para korban.

Seperti diketahui, kata dia, kerusakan sejumlah fasilitas infrastruktur seperti jembatan, talud akibat terjangan air hujan hingga longsoran di sejumlah titik butuh penanganan lanjutan. Belum lagi genangan air diberbagai cekungan yang belum surut akibat hujan yang belum berhenti.

"Kita dukung jika memerlukan tambahan anggaran setelah ada laporan lengkap kebutuhan apa saja terkait penanggulangan bencana di daerah," katanya.

Guna penanganan korban yang terpaksa mengungsi akibat banjir, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini meminta agar tenaga kesehatan siap memberikan pelayanan optimal.

"Kita rekomendasikan pemda untuk buka rumah sakit dan puskesmas di wilayah yang terdampak bencana, siap 24 jam, berikan layanan terbaik untuk rakyat yang terdampak," katanya.

Eko juga mengharapkan Pemda DIY juga menjamin kebutuhan air bersih dan air minum bagi masyarakat diwilayah yang terkena bencana. Bagi masyarakat yang akan gotong royong, sebaiknya koordinasi dgn BPBD DIY agar mengetahui peta kebencanaannya dan peta kebutuhan masyarakat yang terkena dampak bencana.

Secara khusus Komisi A DPRD DIY yang bermitra dengan BPBD DIY telah rekomendasikan prioritas penanganan korban dan warga terdampak. Terkait koordinasi penanggulangan bencana, telah ada garis komando di masing-masing wilayah.

"Kita percaya dengan gotong royong, masalah akibat bencana ini akan cepat selesai. DPRD bersama Pemda DIY sampai dengan pemerintah desa tentu akan bekerja keras dan tanpa lelah membantu masyarakat," pungkasnya. (dab/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya