Rekomendasi

Kekurangan Beras, Wagub Sudikerta Minta Bulog Keluarkan Stok untuk Pengungsi

Rabu, 29 November 2017 : 23.37
KARANGASEM - Gelombang pengungsi erupsi Gunung Agung dilokasi pengungsian berdampak semakin menyusutnya persediaan beras di lokasi pengungsian. Akibatnya, lokasi pengungsian di Kecamatan Rendang, Karangasem kekurangan bahan pokok.

Kondisi itu membuat Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta meminta Perum Bulog mengeluarkan persediaan beras secara bergilir. Hal itu ditegaskan Sudikerta saat melakukan pemantauan kondisi beberapa Pos Pengungsi di Kabupaten Karangasem.

Kali ini, dia menyerahkan bantuan kepada pengungsi di beberapa Pos Pengungsi diantaranya Pos UPT Pertanian Rendang, Pos Pengungsi Banjar Karanganyar Desa Nyuhtebel, dan Pos Pengungsi Banjar Kanginan Desa Pesedahan, Rabu (29/11/2017).

Sudikerta menyampaikan pengungsian kali ini berjalan dengan lebih baik, dilakukan baik secara mandiri maupun fasilitas dari pemerintah provinsi, kabupaten maupun peran relawan peduli bencana.

“Saya melihat selama evakuasi ini sudah dilakukan langsung oleh masyarakat, beda dengan sebelum-sebelumnya. Masyarakat langsung turun mengamankan dirinya agar terhindar dari bahaya,” ujar Sudikerta.

Sudikerta mengatakan, Gubernur Bali sudah berkoordinasi dengan Bulog untuk mengeluarkan persediaan beras kebencanaan secara bergulir. Dari laporan Camat Rendang, Pos Pengungsi di Rendang saat ini kekurangan beras, ketersediaan MCK dan juga ketersediaan listrik untuk pompa air bersih.

Karenanya, dia telah berkoordinasi dengan PLN Bali guna memberikan akses listrik yang mencukupi bagi kebutuhan di pengungsian.

Berdasarkan laporan Camat Rendang, Wayan Mastra, jumlah pengungsi di Pos UPT Pertanian sampai saat ini sebanyak 1.234 orang, sebagian besar dari Desa Pempatan dan Desa Besakih.

Pengungsi menempati tenda-tenda yang dibuat secara gotong-royong, berjajar rapi dengan beralaskan karpet plastik dan karet.

Di bagian lain, Wagub Sudikerta dan Dayu Sudikerta mengunjungi Pos Pengungsi di Balai Banjar Adat Karanganyar Desa Nyuhtebel dan Balai Banjar Kanginan Desa Pesedahan, Kecamatan Manggis, Karangasem.

Dayu Sudikerta menyempatkan diri membaur memasak bersama para pengungsi di dapur umum.

Pada Pos-pos pengungsi yang dikunjungi, Sudikerta menyerahkan bantuan berupa beras, air mineral dan masker, sedangkan Dayu Sudikerta menyerahkan kelengkapan makan di antaranya mangkok dan gelas plastik. (Made Sugandha/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya