Rekomendasi

Mantan Guru Kapolda Jateng Itu, Kini Terbaring Lemah

Sabtu, 25 November 2017 : 09.34
KARANGANYAR - Tidak banyak kata yang terucap dari bibir Suparjo (80), ketika Kapolres Karanganyar, AKBP Henik Maryanto, menjenguk mantan guru ini, di kediamannya yang berada di Dusun Tadahan, Kelurahan Bolong, Kecamatan Karanganyar kota, Sabtu (25/11/2017).

Mantan guru Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono ini, hanya terbaring lemah, akibat penyakit stroke yang dideritanya sejak tahun 2016 lalu. Saat Kapolres memperkenalkan diri, pria yang sudah menjadi guru sejak tahun 1944 itu, hanya mengangguk lemah.

"Saya Kapolres Karanganyar, mewakili bapak Kapolda, menjenguk bapak. Bapak Kapolda Jawa Tengah juga titip salam buat bapak," kata kapolres yang dijawab dengan anggukan lemah Suparjo.

Kapolres mengatakan, kunjungan dan silaturrahmi kepada para guru ini, dalam rangka HUT guru yang ke 72. Menurut kapolres, kunjungan kepada para guru ini merupakan salah satu wujud penghargaan atas jasa mereka dalam mendidik para siswanya.

"Kita tidak akan berhasil tanpa didikan para guru. Para guru adalah teladan bagi kita semua," ujar Kapolres.

Sementara itu, menurut penuturan Sigit Septiawan, kondisi kesehatan orang tuanya mulai melemah sejak tahun 2014 lalu. Sejak saat itu, ayahnya hanya bisa tiduran. Seluruh aktiftas, hanya dilakukan di tempat tidur.

"Bapak sudah sepuh, ditambah lagi penyakit stroke yang diderita bapak. Bapak hanya bisa tiduran," kata Sigit.

Dijelaskannya, orang tuanya menjadi guru sejak tahun 1944 lalu di Klaten. Menurutnya, orang tuanya tersebut beberapa kali pindah tugas. Salah satunya di SD Negeri 1 Ngijo, Kecamatan Tasikmadu.

Di SD inilah, dia pernah mendidik salah satu siswanya yang bernama Irjen Pol Condro Kirono, yang saat ini menjadi Kapolda Jawa Tengah. Setelah mengabdi lebih dari 40 tahun, pada tahun 1999 lalu, suami Suparni (65) memasuki masa pensiun dengan jabatan terakhir, sebagai Kepala SD Negeri 1 Bolong, Karanganyar.

Diceritakannya, sebelum menjabat sebagai Kapolda, Irjen Pol Condro Kirono, sempat mengunjungi orang tuanya. "Bapak pernah cerita, jika Kapolda Jawa Tengah itu dulu adalah anak didiknya. Beliau juga sempat menjenguk bapak," ujar Sigit.

Tidak hanya Kapolda Jawa Tengah, sejumlah anak didiknya yang berhasil, sampai saat ini tetap menjalin silaturrahmi dengan kedua orang tuanya. "Biasanya, mantan murid bapak datang saat lebaran," terangnya. (Iwan Iswanda/rahayu)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya