Rekomendasi

Mantap! Berkekuatan Hukum Tetap, Kejari Sukoharjo Musnahkan Barang Bukti Sitaan

Senin, 27 November 2017 : 17.29
ilustrasi
SUKOHARJO - Ratusan liter minuman beralkohol (mihol) dan narkoba jenis sabu serta barang bukti (BB) lain diantaranya satu unit sepeda motor hasil sitaan dari kasus yang telah berkekuatan hukum tetap dimusnahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo, Senin (27/11/2017).

"Pemusnahkan hanya dilakukan terhadap barang bukti yang telah diputus Pengadilan Negeri (PN) di tahun 2017," terang Kasi Pidana Umum (Pidum) Sukoharjo, Rohmadi.

Dari 235 kasus yang ditangani Kejari, 181 kasus sudah diputus oleh PN Sukoharjo dan 15 diantaranya dieksekusi dengan melakukan pemusnahan barang bukti. "Kami menjalankan peraturan bahwa barang bukti untuk perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap harus dimusnahkan," terangnya.

Ratusan liter mihol dan sabu dimusnahkan dengan cara dibakar dan dituangkan dalam drum dan dicampur air. Sedangkan pemusnahan BB berupa satu unit sepeda motor nopol AD 6110 NO, yang kondisinya hangus tinggal rangka, dipotong menggunakan gerinda.

"Barang bukti sepeda motor dalam kondisi hangus, pemusnahannya dengan cara memotong kerangkanya," imbuhnya

Sementara Kasat Narkoba Polres Sukoharjo AKP AA Gede Oka menambahkan, pemusnahan barang bukti kasus yang sudah berkekuatan hukum tetap bisa dilakukan oleh Kejari maupun Polres.

"Tidak masalah jika Kejari melakukan pemusnahan sendiri. Sama saja," pungkasnya. (Sapto Nugroho/gun) (rahayu)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya