Rekomendasi

Bau Menyengat Limbah Pabrik, Komisi III DPR Datangi PT RUM

Kamis, 07 Desember 2017 : 20.49
SUKOHARJO - Mantan Wakil Bupati Sukoharjo yang juga anggota DPR RI dari Komisi III Muhammad Toha,melakukan kunjungan ke PT. Rayon Utama Makmur (RUM) di Desa Plesan, Kecamatan Nguter, Kamis (7/12/2017).

Toha mengaku, kedatangannya ini setelah menerima aduan dari masyarakat terkait bau limbah yang dirasakan warga yang tinggal di sekitar pabrik.

"Saya mendengar langsung dari masyarakat lewat telepon, WA dan sebagainya, mengadukan adanya bau limbah dari PT RUM yang sangat mengganggu warga.

Dan ternyata sudah ada delapan poin yang memang selama ini belum semuanya dilaksanakan oleh pihak pabrik, sehingga saya meminta segera dipenuhi," kata anggota DPR RI dari Dapil V ini,

Setelah melihat langsung kondisi pabrik dan lingkungan sekitar, Anggota DPR RI dari Dapil V ini berjanji akan ikut mengawal delapan poin kesepakatan yang telah di tanda tangani antara warga dengan pihak PT RUM tersebut.

Selain itu, Toha mendorong penyelesaian yang akan dijalankan supaya saling menguntungkan dan yang terpenting tidak boleh menghambat investasi di Kota Makmur.

"Dengan adanya komunikasi yang baik antara PT RUM dengan warga masyarakat, persoalan bau yang dikeluhkan supaya bisa segera teratasi secepatnya.Karena itu yang paling dirasakan warga," tandasnya

Sementara, Direktur Umum PT RUM Muhammad Rachmad yang mendampingi selama kunjungan menyampaikan ada persoalan di saluran limbah yang masih terus dilakukan perbaikan.

Dia menjanjikan secepatnya permasalahan itu bisa diatasi sesuai peraturan pemerintah tentang limbah industri terkait ambang batas baku mutu udara .

"Ini ada saluran dari seng yang di tanam di bawah tanah harus kita perbaiki, karena bau tersebut muncul dari kebocoran di saluran itu. Dan kami berjanji akan memperbaiki sampai bisa mengurangi bau tersebut, karena di pabrik manapun tidak ada yang tidak ada bau," pungkas Rachmad. (Sapto Nugroho/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya