Rekomendasi

Bidik Jabatan Lebih Tinggi, Ratusan ASN Ikuti Uji Kompetensi

Selasa, 05 Desember 2017 : 20.08
KARANGANYAR - Sebanyak 225 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karanganyar mengikuti uji kompetensi jabatan.

Ujian Kompetensi ini berlangsung selama dua hari itu, Senin (04/12) diikuti sebanyak 115 orang dan 110 di hari Selasa (5/12), di Gedung Wanita Karanganyar. Selama berlangsung ujian, semua perserta diminta untuk mengerjakan psiko test dan wawancara.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar, Siswanto, kepada sejumlah wartawan, mengatakan, ujian ini merupakan ujian Penilaian dan Pemetaan Kompetensi (Talent Pool).

"Kami mengadakan Talent Pool dengan bekerjasama pihak ketiga, Biro Konsultan Psikologi agar penyelenggaraan ini profesional," kata Siswanto, Selasa (5/12/2017). Dijelaskannya, Talent Pool itu diperuntukan bagi ASN Pejabat Pelaksana yang nantinya ke Pejabat Pengawas.

Hasil ujian untuk mengetahui posisi apa yang tepat bagi para ASN ini. "Hasil ujian ini menjadi dasar bagi kami untuk memetakan posisi yang tepat dan manajemen PNS. Ini juga wujud rencana aksi untuk kegiatan birokrasi bersih," jelasnya.

Ditambahkan, pada prinsipnya pengembangan ASN sekarang mengunakan sistem merit, yaitu kebijakan dan pengelolaan ASN secara adil dan wajar berdasarkan kualifikasi, kompetensi dan kinerja.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan semua jabatan struktural (pengawas) di isi yang sudah mengikuti Talent Pool. "Sekarang tidak sembarangan dalam hal penataan. Kita berkomitmen Kabupaten Karanganyar menjadi Birokrasi Bersih, seperti dalam hal penataan jabatan struktural ini," ujar Bupati.

Bupati juga meminta jangan percaya kepada orang yang menjanjikan bisa membantu menempatkan posisi jabatan yang diinginkan. "Saya tegaskan, jangan sampai ada sogok menyogok. Kita ingin profesionalitas PNS Kabupaten Karanganyar semakin baik dan meningkat," tandasnya. (Iwan Iswanda/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya