Rekomendasi

Dandim 0727 Karanganyar: Rehabilitasi Hutan Sangat Mendesak

Minggu, 03 Desember 2017 : 18.55
Rehabilitasi Hutan Sangat Mendesak (foto:Iwan Iswanda/hariankota)
KARANGANYAR - Komandan Kodim 0727 Karanganyar, Letkol Inf Muhammad Ibrahim Mukhtar mengatakan, rehabilitasi hutan saat ini, sangat mendesak dilakukan dan tidak dapat ditunda lagi.

Saat ini, dunia menegalami ancaman global yang cukup serius, seperti banjir dan tanah longsor, erosi, kekeringan.

Hal tersebut dikataka Dandim, usai melakukan penanaman pohon di kawasan lereng gunung Lawu, yang berada di Dusun Tlogodlingo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Minggu (3/12/2017).

Penanaman poho ini dilakukan dalam rangka hari juang Kartika tahun 2017. Menurut Dandim, isyu terkini yang menjadi perhatian dunia adalah perubahan iklim dan pemanasan global. Dampak yang paling jelas, lanjut Dandim panjangnya musim panas dan pendeknya musim penghujan.

Dijelaskannya, mengingat dampak yang sangat luas, maka dibutuhkan komitmen seliuruh anak bangsa untuk mengatasi pemanasan global yang saat ini sedang terjadi. Salah satunya, lanjut Dandim, dengan melakukan penanaman pohon dan melakukan rehabilitasi hutan.

"Hutan yang terpelihara dengan baik dan lahan yang ditumbuhi pohon, akan berfungsi dengan baik untuk menata, menyerap dan menyimpan air.Untuk itu, rehabilitasi hutan suatu hal yang tidak dapat ditunda lagi," kata Dandim, Minggu (03/12/2017).

Semantara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Karanganyar, Edy Yusworo mengatakan penanaman jalur pendakian Gunung Lawu dengan jenis tanaman Eukaliptus sebanyak 3500 batang pohon.

"Ini merupakan salah satu upaya untuk pemulihan dan kelestarian kawasan resapan air," kata Edy Yusworo.

Edy juga menjelaskan dengan adanya tanaman Eukaliptus di kanan kiri jalur pendakian, maka berguna juga untuk petunjuk arah jalur pendakian sehingga mencegah kehilangan arah bagi para pendaki. (Iwan Iswanda/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya