Rekomendasi

Keren! Begini Cara Mabes Polri Gembleng Anggota Tangani Ujaran Kebencian

Rabu, 06 Desember 2017 : 15.26
Mabes Polri gelar pelatihan bagi anggota Polri untuk meningkatkan kemampuan penanganan kasus ujaran kebencian. (Sapto Nugroho)
SUKOHARJO - Bekerja sama dengan Imparsial, Mabes Polri melalui Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri menggelar pelatihan penanganan ujaran kebencian kepada anggota Polresta Surakarta dan Polres Sukoharjo bertempat di Hotel Best Western, Solo Baru, Grogol, Rabu (6/12/2017).

Direktur Imparsial Al Araf yang diwakili Gufron Makmuri mengatakan ujaran kebencian merupakan masalah bersama, tidak hanya menjadi masalah kepolisian namun juga masyarakat.

Menurutnya salah satu faktor masalah sosial disebabkan karena adanya ujaran kebencian yang beredar di masyarakat maupun media sosial (Medsos).

“Kedepan Indonesia akan menghadapi tahun politik yang tentu saja ujaran kebencian akan menjadi isu yang cukup serius. Karena itu pelatihan seperti ini akan dilakukan di semua daerah secara bertahap,” kata Gufron.

Kasus pelaporan ujaran kebencian dalam penanganannya harus di lihat dari berbagai aspek, dimana salah satu unsurnya adalah ada tidaknya muatan hasutan sehingga berpotensi mempengaruhi dinamika kehidupan masyarakat

Menjelang kegiatan politik Pilgub 2018 dan Pemilu Pilpres 2019 ujaran kebencian kerap menjadi senjata untuk kampanye dalam pelaksanaan pesta demokrasi. Dimana imbasnya dapat mengangu keamanan dan ketertiban daerah.

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini, pada hari pertama, Selasa (5/12/2017) kemaren dibuka Wakapolda Jawa Tengah, Brigjen Pol Indrajit dengan tujuan untuk peningkatan kapasitas anggota kepolisian dalam penanganan kasus ujaran kebencian.

Dalam pesannya, Wakapolda Jateng menekankan kepada semua anggota kepolisian mampu memahami dan menganalisis bentuk-bentuk ujaran kebencian yang beredar di masyarakat khususnya yang muncul di medsos. (Sapto Nugroho/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya