Rekomendasi

6 Tahun Berlalu, Kerusakan Ekosistem Akibat Erupsi Merapi 2010 Belum Pulih

Sabtu, 03 Desember 2016 : 08.26
SLEMAN - Pasca erupsi Merapi 2010 lalu, kerusakan ekosistem belum sepenuhnya pulih. Tak sedikit lahan yang dulunya subur dengan pohon besar sebagai penyangga Gunung Merapi rusak, rata dengan tanah.

Upaya penanaman pohon digenjot agar wilayah resapan air tersebut terjaga. Sepanjang bantaran Kali Boyong, misalnya. Kawasan yang ada di Desa Purwobinangun, Pakem itu tandus dan menjadi langganan banjir jika curah hujan dari puncak cukup tinggi.

Pemda DIY dan BPJS Ketenagaskerjaan cukup peduli dengan kawasan di Tanam Nasional Gunung Merapi tersebut. Pagi tadi dilakukan penanaman pohon sepanjang kawasan tersebut.

Jumlahnya tidak sedikit, ada 10 ribu bibit pohon yang ditanam. Kebanyakan pohon aren karena bisa menahan, menyerap, dan menyimpan air cukup banyak. Penanaman pohon ini disambut baik Bupati Sleman, Sri Purnomo. Orang nomor satu di Sleman itu juga secara simbolis melakukan tanam pohon.

Saat musim penghujan ini merupakan waktu yang tepat untuk menanam pohon. Penanaman pohon itu juga bisa menjaga ekosistem yang sempat rusak akibat keganasan erupsi Merapi enam tahun silam.

"Penanaman pohon ini untuk menjaga kelangsungan ekosistem di lereng Merapi. Kerusakan akibat erupsi 2010 itu belum sepenuhnya pulih," kata Direktur Rencana Strategis dan Teknologi BPJS Ketenagakerjaan Sumarjono, Sabtu (3/12/2016).

Selain melibatkan karyawan BPJS Ketenagakerjaan, kegiatan reboisasi ini tentunya melibatkan warga sekitar dan relawan bencana di lereng Gunung Merapi. Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY Sutarto mengatakan, penanaman pohon untuk konservasi lingkungan bagian dari upaya untuk memulihkan kondisi alam.

Menurutnya, sumber daya alam yang ada di sekitar tidak dapat dipisahkan dari perkembangan sosial ekonomi dan lain sebagainya. Penanaman pohon, kata dia, merupakan bentuk salah satu partisipasi untuk menjaga lingkungan.

"Jadi bukan hanya kegiatan menanam, tapi juga dimaknai sebagai komitemen melesetariakan dan menghijaukan bumi yang kita tempati," tandasnya.

Sutarto mengatakan air yang berada dikawasan ini juga dimanfaatkan oleh perusahaan daerah PDAM. Mereka juga mengambil air dari kawasan lereng Merapi ini untuk mensuplay kebutuhan air di masyarakat. (dab)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners