Rekomendasi

Dinamika Jelang Pilkada Karanganyar: Balon Independen Ini Ingatkan Pejabat Dan PNS Netral

Minggu, 28 Mei 2017 : 20.00
Loading...
KARANGANYAR - Meski pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) Karanganyar dan pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Tengah masih akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2018, para pejabat dan pegawai negeri sipil (PNS), diminta untuk tetap menjaga netralitas. 

Hal tersebut dikatakan bakal calon  (balon) bupati  bupati yang akan bertarung melalui jalur independen, Kiswadi Agus, Minggu (28/5/2017).

Menurut Agus, meskipun akan berlangsung satu tahun lagi, namun suasan politik di Karanganyar, mulai menghangat.Salah satu yang menjadi sorotan, lanjut Agus, adalah soal netralitas para pejabat dan PNS di Karanganyar.

Sebagaimana yang diatur dalam UU No 5 Tahun 2014 tentang aparatur sipil Negara (ASN,  para ASN tidak diperbolehkan terlibat dalam politik praktis, agar mekanisme pemerintahan tidak terganggu.

“Saya meminta kepada para pejabat dan PNS, tidak terbawa arus politik.Mereka harus menjaga netralitasnya dan lebih fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Agus.

Sementara itu, salah satu pejabat yang enggan disebutkan namanya, ketika dimintai tanggapannya terkait pilkada ini, mengatakan, pada prinsipnya, para pejabat dan PNS haraus menjaga netralitas. Meski demikian, para pejabat dan PNS harus berpartisipasi dalam pilkada, terutama dalam menggunakan hak suara.

“Kita punya hak suara, tapi kita juga tetap menjaga netralitas.Bagi kami, siapapun yang memimpin, tidak menjadi persoalan,” ujarnya sambil mewanti-wanti namanya tidak disebutkan.

Dia juga tidak menampik ada sejumlah pejabat yang mendukung calon petahana, namun yang bersangkutan enggan menyebut nama, siapa pejabat dimaksud. “Sudah ya, nanti malah keterusan,” ujarnya.

Sebagaiamana diberitakan sebelumnya, pasangan petahana, Juliyatmono-Rohadi Widodo (Yuro) telah menyatakan sikap akan tetap bersama  dalam memimpin Karanganyar dan siap bertarung dalam pilkada mendatang.

Disisi lain, sejumlah partai politik, masih malu-malu dalam memunculkan para calonnya.Menjelang pilkada Karanganyar ini, baru ada satu penantang dari jalur independen yang akan menantang pasangan Yuro, yakni Kiswadi Agus. (Isw)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners