Rekomendasi

Hari Pertama Puasa, Transaksi Perdagangan di Pasar Sepi

Sabtu, 27 Mei 2017 : 15.36
KARANGANYAR - Hari pertama bulan Ramadhan, pasar Sabtu yang berada di seputaran alun-alun Karanganayar, sepi pengunjung.Bahkan sejumlah pedagang juga memilih tidak berdagang dan beristirahat di rumah.

Pantauan hariankota.com, pasar yang buka setiap hari Sabtu tersebut, hanya terlihat para pedagang pakaian, terutama pakaian muslim, sedangkan pedagang makanan,  hanya sebagian yang menggelar dagangannya.

Salah satu pedagang pakaian, Rika, mengatakan, minggu pertama puasa, biasanya sepi.Selaian masih tanggal tua, pengunjung biasanya memilih  tidak bepergian dan tinggal di rumah.Menurut Rika, jika hari biasanya, dia menjual pakaian lebih dari sepuluh potong, pada hari pertama ini, hanya menjual dua hingga empat potong pakaian.

“ Memang setiap awal puasa sepi mas.Nanti setelah memasuki minggu kedua puasa, baru normal seperti biasanya,” kata Rika, Sabtu (27/5/2017).

Dijelaskannya, masa panen para pedagang, khususnya pakaian, biasanya terjadi satu minggu menjelang lebaran. “Puncaknya nanti semimggu menjelang lebaran mas. Yang paling banyak dicari adalah pakaian muslim dan pakaian anak-anak,” jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Eni, salah satu pedagang makanan.Khusus untuk makanan, saat awal puasa ini, pasti sepi.Dia nekad berjualan, untuk menambah penghasilan. “Meskipun sepi, saya tetap jualan mas, untuk menambah penghasilan.Setelah pasar Sabtu, saya lanjutkan jualan pada sore harinya,” kata dia.

Hal yang sama juga terlihat di sejumlah pasar tradisional yang berada di desa Jaten, Kecamatan Jaten.Pasar terlihat lengang. “Iya mas.Banyak yang nggak jualan.Mungkin besok atau lusa, sudah mulai jualan lagi.Kondisi ini biasa, apalagi hari pertama puasa.Setelah minggu kedua sampai menjelang lebaran, pasar kembali ramai,” ujar Yati, salah satu pedagang Pasar Jaten.

Menurut Yati, selama bulan puasa ini, selain menjual sembako, dia juga menambah dagangan berupa buah-buahan, seperti pisang, blewah serta jenis buah lainnya. “Biasanya, selama bulan puasa, permintaan buah meningkat.untuk itu, saya menambah dagangan saya dengan menjual buah-buahan,” kata dia. (Isw)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners