Rekomendasi

Ini 6 Pesan Dahsyat Rasullah Saat Datangnya Bulan Suci Ramadhan

Senin, 22 Mei 2017 : 08.13
hariankota.com - Bulan suci Ramadhan adalah bulan paling istimewa bagi umat muslim. Bulan suci Ramadhan adalah bulan paling banyak pahala dimana semua umat muslim harus melakukan amalan – amalan yang baik dengan berpuasa dan mensucikan diri.

Namun tahukah kamu , sebelum Ramadhan tiba, Rasulullah SAW telah berpesan kepada umatnya untuk memanfaatkan bulan suci Ramadhan sebaik mungkin.

Di bulan suci Ramadhan ini , dosa – dosa akan diampuni oleh Allah SWT jika umatnya mau menjalankan amalan – amalan yang penuh berkah mulai dari berpuasa, mengerjakan sholat , dan amalan ibadah lainnya.

Dan seperti yang dilansir di Arbamedia.com, inilah dia 6 pesan Rasulullah ketika menjelang bulan Ramadhan yang telah dinukil berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dari Salman al-Farisi.

Yuk, simak bersama !

1. Gunakanlah bulan suci Ramadhan dengan sebaik-baiknya

Salah satu pesan Rasulullah menjelang bulan suci Ramadhan yakni gunakanlah bulan suci Ramadhan dengan sebaik – baiknya. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat islam karena adanya malam Lailatul Qodar. Dan Allah telah mewajibkan umat islam berpuasa di siang hari dan menjadikan Qiyamu lail (shalat terawih) adalah suatu tathawwu’ (sunnah).

2. Ingat bahwa Pahala di bulan Ramadhan berlipat ganda

Rasullullah SAW berpesan jika bulan Ramadhan merupakan bulan yang banyak pahala hingga berlipat ganda. Dan  barang siapa yang menunaikan ibadah fardhu di bulan Ramadhan, Niscaya akan mendapatkan pahala layaknya menunaikan 70 ibadah fardhu di bulan yang lain.

3. Ingat bahwa bulan Ramadhan bisa melatih kesabaran

Sebelum Ramadhan , Rasulullah SAW berpesan jika bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kesabaran. Dan barang siapa yang sabar pahalanya adalah syurga. Umat muslim akan dilatih untuk menghindari makan, minum dan semua yang bisa membatalkan puasa tersebut berdasarkan kurun waktu yang telah ditentukan.

4. Belajarlah bersimpati kepada orang lain

Di bulan puasa, umat muslim juga harus lebih bisa belajar bersimpati kepada oranglain. Seperti anjuran Rasulullah S.A.W untuk memberi makan ketika berbuka puasa meskipun hanya sebiji kurma, dan seisap air susu. Dan barang siapa yang memberi makan untuk berbuka kepada orang lain, Maka pahalanya seperti puasanya orang tersebut.

5. Meningkatkan amal sholih

Salah satu pesan Rasulullah SAW sebelum bulan puasa Ramadhan yakni umat muslim diwajibkan untuk meningkatkan amal sholih. Bulan suci Ramadhan adalah bulan rahmat, maka hendaknya perbanyaklah amal sholih layaknya berbakti kepada orang tua, saling menolong antar sesama, bertutur santun dan lainnya.

6. Memperbanyak berdoa dan meminta ampunan

Bulan Ramadhan merupakan bulan paling istimewa karena di hari kesepuluh Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan ampunan. Dan di sepuluh terakhirnya adalah terbebas dari api neraka. Maka beruntunglah kamu umat muslim bisa merasakan nikmat yang luarbiasa di bulan Ramadhan. Ada baiknya kamu perlu memperbanyak kalimat thoyyibah, istighfar dan berdoa kepada Allah agar dimasukkan surgaNya.

Nah, itulah dia 6 pesan Rasulullah ketika menyambut bulan puasa.



(jum)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners