Rekomendasi

Jelang Pilkada 2018, Disdukcapil Karanganyar Belum Miliki Data Pemohon E-KTP Pemula

Senin, 08 Mei 2017 : 21.33
foto: Kemendagri
KARANGANYAR - Pilkada Karanganyar, Jawa Tengah, akan digelar pada 2018. Namun, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar belum belum bisa memastikan jumlah pemohon e-KTP pemula yang berpotensi jadi pemilih pemula di pilkada nanti.

Kabid Pendaftaran Pelayanan Penduduk Disdukcapil Karanganyar, Lastri mengatakan, pihaknya masih terus melakukan perekaman data e-KTP untuk penduduk wajib KTP di tiap-tiap kecamatan. Warga negara wajib KTP berusia minimal 17 tahun. Pada usia itu, sesorang sudah memiliki hak pilih.

"Kami belum bisa memastikan berapa jumlah data pemohon KTP baru. Terutama pemohon yang baru pertama kalinya. Juga warga yang belum pernah melakukan rekam data. Karena hingga saat ini rekam data di tiap-tiap kecamatan masih berlangsung," kata Lastri saat ditemui Okezone, Senin (8/5/2017).

Menurut Lastri, untuk kepentingan pilkada, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil lebih mendahulukan warga yang masih berstatus sebagai pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang duduk di kelas XI.

"Maksimal 30 Juni, tahun depan itukan sudah 17 tahun, kita caranya begitu. Jadi dengan kondisi ini, kami belum bisa memastikan berapa jumlah pasti DPT pemilih pemula," terangnya.

Blangko e-KTP sendiri di Disdukcapil Karanganyar kini sedang krisis. Pihaknya hanya dikirim 10 ribu blangko, sementara pemohon e-KTP baru sudah mencapai 22 ribu orang.

"Jadi kami dahulukan rekam pemula dan yang belum pernah rekam. Kalau pemohon yang KTP rusak,hilang atau lainnya, belum bisa di layani," paparnya.

Sementara itu mantan anggota Panwascam Tawangmangu, Karanganyar, Teguh mengatakan, aneh bila Disdukcapil belum memiliki data berapa jumlah warga pemula yang mengajukan e-KTP.

Seharusnya, kata dia, sebagai dinas yang memiliki kewenangan melakukan pendataan penduduk, data sementara berapa jumlah warga pemula yang mengajukan permohonan e-KTP sudah ada.

"Ini benar-benar aneh, kalau Disdukcapil belum ada data. Seharusnya meski hanya data sementara, data berapa warga pemula atau berapa warga yang baru pertama mengajukan e-KTP ada. Meskipun data itu akan terus berubah-ubah. Kalau kayak gini, terus kerja Disdupcapil apa," ujarnya.


Sumber: okezone

(jum)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners