Rekomendasi

Jelang Puasa, Harga Merangkak Naik

Rabu, 17 Mei 2017 : 21.01
KARANGANYAR - Sepekan menjelang bulan puasa, kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) mulai mengalami kenaikan di sejumlah pasar tradisional.Barang pokok yang mengalami kenaikan tersebut, diantaranya, telur yang sebelumnya diharga Rp16.000, naik menjadi Rp20.000 per kilogram, gula pasir naik menjadi Rp12.500 dari sebelumnya Rp12.200, bawang merah naik dari Rp28.000 mnejadi Rp28.300, harga daging yang sebelumnya Rp115.000 per kilogram, naik menjadi Rp120.000 per kilogram.Sedangkan harga beras stabil di kisaran harga Rp10.000 per kilogram.

“Kenaikan harga sudah seminggu yang lalu, terutama untuk harga telur, gula dan daging sapi,” kata Dewi, warga Perum JPI, Jaten.

Menurutnya, kenaikan harga ini merupakan hal yang rutin, terutama menjelang bulan puasa dan hari raya idul fitri.Dia berhharap, pemerintah dapat mengantisipasi kenaikan harga ini, melalui operasi pasar, sehingga beban hidup masyarakat tidak semakin berat.

Terpisah, ketua Komisi B DPRD Karanganyar,Toni Hatmoko,  usai melakukan inspeksi mendadak di Pasar Karangpandan, kepada para wartawan, meminta Pemkab Karanganyar mengantisipasi sebelum terjadi lonjakan harga  yang akan memberatkan masyarakat.Menurut Toni dilihat dari polanya, kenaikan harga pasti terjadi.

“Jangan  sampai kenaikan harga terus terjadi, sehingga masyarakat berat, pemkab harus menyiapakn mekanisme jika dibutuhkan yakni, melalui operasi pasar,” terang Toni, Rabu (17/5).

Disisi lain, kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Waluyo Dwi Basuki, mengaku telah melakukan pantauan rutin terhadap harga kebutuhan pokok di pasar tradisional.hasil pantauan tersebut, lanjutnya dilaporkan kepada Satgas mafia pangan

“Sebenarnya kita sudah rutin melakukan panatauan.Laporan  kita lakaukan dua kali dalam sepekan.Dengan adanya kenaikan ini, maka kami perintahkan untuk  mengintensifkan pantauan per hari, agar bisa dilakukan antisipasi jika mengalami kenaikan,” tandasnya. (Isw)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners