Rekomendasi

Keren! Jelang Ramadhan Polres Karanganyar Bentuk Satgas Mafia Pangan

Senin, 08 Mei 2017 : 21.28
KARANGANYAR - Mengantisipasi terjadinya penimbunan barang pada saat bulan Ramadhan dan perayaan hari raya idul fitri, Polres karanganyar, membentuk satuan tugas (Satgas) mafia pangan. Satgas mafia pangan ini, melibatkan Dinas Perindustran dan Perdagangan serta Dinas Pertanian pemkab Karanganyar.

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, kepada para wartawan, usai pengukuhan Satgas Mafia Pangan, mengatakan, setiap menjelang bulan Ramdhan dan hari raya Idul Fitri, sering terjadi kenaikan harga di lluar harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.Menurut Kapolres, Satgas ini nantinya akan terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan terkait  penyebab kenaikan harga, apakah ada permainan dari para spekulan atau adanya penimbunan barang yang dilakukan oleh oknum pedagang.

“Satgas ini merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat dan provinsi Jawa Tengah, untuk melakukan pengawasan dan pemanatauan terhadap perilaku para pedagang dan para spekulan yang sering memanfaatkan situasi, terutama pada saat bulan Ramadhan dan Idul Fitri,” kata kapolres, Senin (08/05/2017).

Dijelaskan Kapolres,  yang menjadi fokus adalah penegakan hukum.Jika tim menemukan ada pihak yang memainkan harga dan menimbun sembako, lanjut kapolres, pihaknya langsung mengambil tindakan tegas.Untuk itu, Kapolres menandaskan, masyarakat diminta untuk berpartisipasi aktif dan segera melapor, jika menemukan adanya penimbunan sembako yang dilakukan oleh para spekulan.

“Kita ingin  agar bahan pokok selama Ramadhan dan Idul Fitri  tetap aman.Kita juga tetap mengambil tindakan tegas kepada para  spekulan atau pelaku ekpnomi yang memanfaatkan situasi,” tegasnya.

Terpisah, kepala Dinas perindsutrian dan perdagangan, Waluyo Dwi Basuki mengatakan, seminggu sebelum ramadhan dan menjelang Ramadhan, kebutuhan sembako, biasanya mengalami kenaikan yang cukup signifikan.Kondisi ini, menurutnya, karena meningkatnya kebutuhan masyarakat.hal inilah, lanjutnya yang sering dimanfaatkan oleh para spekulan.

“Kami minta para spekulan dan pedagang untuk tidak bermain.Kita bersama Polres Karanganyar akan mengambil tidakan tegas, jika menemukan ada yang menimbun sembako, ” ujarnya. (Isw)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners