Rekomendasi

Ketua Forum Genre Nasional Asal Kalbar Terpilih Jadi Duta Wisata Nasional 2017

Senin, 08 Mei 2017 : 21.34
Loading...
PONTIANAK-Salah satu upaya untuk mengeliminir berbagai persoalan remaja di Kalimantan Barat selain menjadi wadah bagi remaja untuk saling menyampaikan informasi, salah satu upayanya menyediakan wadah aktifitas para remaja yang bergabung dalam forum GenRe Kalbar yang dilakukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kalimantan Barat.

Melalui program Generasi Berencana (GenRe) yang merupakan kumpulan dari ratusan pelajar mahasiswa serta remaja yang tersebar di 14 Kabupaten/Kota di wilayah Kalbar, melakukan berbagai kegiatan antara lain pusat informasi kesehatan remaja, bimbingan konseling, sosialisasi kesehatan reproduksi bagi remaja dan mahasiswa baik disekolah, kampus, pesantren dan komunitas remaja lainnya.

Salah satu permasalahan menekan angka 104 per 1000 kelahiran kelompok umur 15-19 tahun (ASFR/15-19 Tahun SDKI 2012) di Kalbar, maka Forum GenRe berperan penting dalam melakukan sosialiasi yang diketuai oleh salah satu mahasiswa berprestasi, Nordianto yang biasa disapa Anto.

Nordianto, Ketua forum GenRe Kalbar dinobatkan sebagai duta wisata nasional 2017.
Remaja asal Kalbar ini mengalahkan finalis-finalis lain dari seluruh Indonesia menjadi Duta Wisata Nasional 2017.

"Anto yang menjabat sebagai Ketua forum GenRe Kalbar sekaligus sebagai Ketua forum GenRe Nasional terpilih menjadi Duta Wisata Nasional, menjadi sebuah kebanggaan," ungkap Kepala Perwakilan BkkbN Kalbar, Kusmana.

Menurutnya maraknya kasus kenakalan remaja, hubungan seks pra nikah maupun kasus remaja yang melahirkan di Kalbar, membuat prihatin berbagai kalangan. Berbagai kasus tersebut berdampak pada ancaman hilangnya masa depan remaja itu sendiri.

"Beranjak dari berbagai permasalahan itulah, survei menunjukkan mayoritas remaja menyampaikan keluhan permasalahannya kepada teman sebayanya. Maka peran Forum GenRe memberikan solusi dan jalan keluar bagi remaja yang mengalami masalah, sekaligus mensosialisasikan program GenRe di masyarakat Kalbar," paparnya.


Kusmana menjelaskan BKKBN Kalbar hingga saat ini selalu terus menerus memberikan pembekalan berbagai materi seperti program GenRe, Pendewasaan Usia Perkawinan, kesehatan reproduksi remaja, 8 fungsi keluarga dan teknik-teknik konseling, dengan harapan akan dapat membantu remaja dalam mengatasi permasalahannya.

"Melalui Forum GenRe ini BKKBN dapat memberikan pengetahuan mengenai GenRe, PIK Remaja maupun program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Dibawah kepemimpian Anto, remaja Kalbar mengalami banyak kemajuan," jelasnya.

Terpilih sebagai duta wisata nasional, Kusmana memgharapkan Anto dapat mempromosikan objek wisata yang ada di Kalbar dan di Indonesia pada umumnya selain dapat menjadi contoh nyata menjadi seorang Duta yang tidak hanya berselempang tetapi juga berkontribusi nyata dan menjadi Inspirasi remaja tidak saja di Kalbar tetapi juga di Indonesia.(ian)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners