Rekomendasi

Lagi, Pengedar Miras Divonis Maksimal

Minggu, 21 Mei 2017 : 07.52
KARANGANYAR - Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar, kembali menjatuhkan vonis maksimal bagi pengedar minuman keras (miras).Dalam amar putusannya, ketua majelis hakim Muijiyono, menjatuhkan vonis denda Rp40 juta, subsidair 4 bulan kurungan  dalam sidang tindak pidana ringan (tipiring) yang digelar di PN Karanganyar, Kamis (18/5).Dalam amar putusannya, terdakwa YM terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Perda No 16 tahun 2009, tentang peredaran miras.

Vonis maksimal ini merupakan yang ketuga kalainya.Sebelumnya PN Karanganyar juga menjatuhkan vonis maksimal terhadap pngedar miras berupa dengan Rp35 dan Rp15 juta

Menanggapi putusan majelis hakim tersebut, Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, berharap, vonis majelis hakim tersebut, dapat member efek jera bagi para pelaku pengedar miras. Menurut Kapolres, selama ini, sanksi hukum bagi pelaku peradarn miras, termasuk ringan, Para pelaku ini, hanya dikenai pasal tipiring, sehingga tidak menimbulkan efek jera.

“Kami mengapresiasi putusan majelis hakim tersebut.hal ini menunjukkan, kita semua memiliki visi dan misi yang sama dalam memberantas peredaran miras,” kata Kapolres, Sabtu (20/5).

Dengan dijatuhkannya vonis maksimal tersebut, majelis hakim mampu bersikap dan mengambil tindakan yang bijak serta mempertimbangkan dampak buruk akibat mengkonsumsi minuman beralkohol tersebut.

“Putusan ini merupakan peringatan bagi para pengedar miras dan para pihak yang ingin mengedarkan miras di Karanganyar,” tandas Kapolres.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya Kepolisian sektor (Polsek) Kebakramat, mengamankan 450 liter minuman keras (miras)  jenis ciu yang dikemas dalam  15 jerigen ukuran 30 liter.Miras ini rencananya akan dikirim dan dijual ke wilayah Jawa Timur.Selain mengamankan miras, petugas juga mengamankan  YM.

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, kepada para wartawan, mengatakan, terungkapnya kasus ini, etelah sebelumnya jajaran Polsek melakukan operasi di wilayah Kebakramat.Saat itu, menurut Kapolres, petugas curiga terhadap barang bawaan mobil pik up.Setelah dihentikan dan dilakukan pemeriksaan, ternyata, mobil tersebut, mengangkut miras jenis ciu.

Untuk mengelabui petugas, pengemudi  menutup miras tersebut dengan tumpukan jerami, bawang merah kemudian ditutup terpal. (Isw)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners