Rekomendasi

Rekom ke Gus Ipul, PKB Cegah Polarisasi Warga NU di Pilgub Jatim

Rabu, 24 Mei 2017 : 22.59
SURABAYA - Langkah PKB memberikan rekomendasi kepada Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Calon Gubernur (Cagub) di Pilkada Jatim, sangat tepat. Menurut Mantan Legislator PKB Sholihin Rusli, langkah ini untuk mencegah terpolarisasinya warga NU dalam Pilgub Jatim 2018 mendatang.

"Jika Benar PKB merekom Gus Ipul, itu merupakan langkah cerdas PKB dalam membaca dan memahami surat dari para Kiai dan merupakan langkah untuk mengeliminir terpolarisasinya basis suara NU nanti," kata Mantan Anggota DPRD Jombang Priode 2010-2014 ini kepada Kabarjatim, Rabu (24/5/2017).

Dosen Universitas Darul 'Ulum Jombang ini menilai, surat 21 Kiai NU itu merupakan permohonan halus agar Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar legowo mendukung Saifullah Yusuf sebagai Cagub Jawa Timur 2018.

"Surat tersebut (surat para kiai NU untuk Pak Halim) dapat dimaknai sebagai harapan halus para kiai kepada Pak Halim untuk legowo (rela) tidak mencalonkan diri karena sudah ada kader NU yang jelas-jelas lebih NU dibandingkan Pak Halim. Setidaknya jika dilihat dari struktur kepengurusan yaitu Gus Ipul dan Khofifah," kata Sholihin.

Ia juga menilai, alasan surat para Kiai ini ditujukan kepada Abdul Halim Iskandar karena memang hanya PKB yang sudah jelas memiliki tiket untuk mengusung pasangan Cagub dan Cawagub di Pilgub Jatim 2018. Sebagaimana diketahui, bahwa PKB memiliki 20 kursi di legeslatif.

"Kira-kira hal yang ingin diungkap oleh para kiai tersebut, mungkin begini ‘Pak Halim njenengan itu jangan terlalalu ngoyo meskipun sudah punya tiket (sekalipun tanpa koalisi). Karena ada kader NU yang lebih NU (secara struktural). Sebab jika panjenengan ngoyo akan berpotensi terpolarisasinya suara NU. Alangkah lebih baiknya agar suara orang-orang NU utuh. Istiqomah saja di DPRD sebagai lembaga kontrol, toh di sana juga tidak lebih rendah, tidak kalah populis dan tidak kalah power jika dibandingkan dengan menjadi Gubernur/Wagub Jatim," jelasnya. (ulu)

Video Viral

Keseruan Saat AHY Putra SBY Disuguhi Martabak Oleh Gibran

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners