Rekomendasi

Sidang Perdana Gugatan Roy Suryo Digelar

Minggu, 21 Mei 2017 : 07.54
YOGYAKARTA - Mediasi gagal, sidang perdana gugatan terhadap anggota DPR, Roy Suryo di Pengadilan Negeri Sleman digelar. Roy digugat oleh sesama politisi Partai Demokrat DIY, Ambar Tjahjono.

Ketua Majelis Hakim, Ayun Kristianto mengatakan agenda sidang ini adalah pembacaan gugatan. Setidaknya ada dua gugatan yang dilayangkan, yakni gugatan materiel dan immateriel sebanyak Rp 12,5 miliar.

Rinciannya, sebanyak  Rp 7,5 miliar untuk kerugian meterial berupa pembiayaan pengobatan dan Rp 5 miliar atas kerugian imaterial akibat tercoreng nama baik penggugat.

Selain gugatan materi dan immaterial, tergugat juga diminta meminta maaf atas perbuatannya yang dinilai merugikan Ambar. Permintaan maaf itu dibuktikan dengan menyampaikan permohonan maaf ke media nasional maupun lokal selama tiga hari.

"Kedua belah pihak diwakilkan masing-masing kuasa hukum hadir. Sidang hari ini pembacaan gugatan karena upaya mediasi gagal," kata Ayun Kristianto saat memimpin sidang.

Ayun menyampaikan pada dua belah pihak untuk menyepakati jadwal perjalan sidang yang dipimpinnya. Dia memiliki waktu 20 minggu mulai hari ini hingga putusan persidangan.

"Pertengahan Juli atau akhir bulan persidangan ini sudah harus selesai dengan membacakan putusan," katanya.

Atas kesepakatan kedua belah pihak, sidang tidak lagi digelar pada hari Kamis, tapi ganti pada hari Senin. Sidang dengan agenda jawaban atas gugatan akan disampaikan pada Senin, 29 Mei 2017. Setelah menyepakati agenda persidangan, ketua majelis hakim menutup persidangan.

Kuasa hukum Roy Suryo, Sugondo mengatakan upaya mediasi sudah dilakukan sendiri oleh kliennya. Bahkan, usaha bertemu kedua belah pihak tanpa kuasa hukum sudah dilakukan, tapi belum membuahkan hasil.

"Harapan kami gugatan dicabut, masalah bisa diselesaikan diluar pengadilan," katanya usai persidangan.

Meski demikian, pihaknya tetap menghormati langkah hukum yang ditempuh penggugat. Sugondo mengaku akan menjalani proses hukum yang tengah berjalan.

"Kita ikuti persidangan, kita akan susun jawaban atas gugatan kepada klien kami," katanya.(dab)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners