Rekomendasi

Tragedi Diksar Mapala UII: Berkas Dua Tersangka Dilimpahkan Ke Pengadilan Negeri

Jumat, 12 Mei 2017 : 21.22
Loading...
KARANGANYAR - Kejaksaan negeri (Kejari) Karanganyar, melimpahkan berkas Waluyo dan Angga Septiawan,  dua tersangka kasus dugaan tindak kekerasan dan penganiayaan dalam pelaksanaan The Great Camp (TGC) Diksar Mapala UII, ke Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar, Rabu 18 Mei 2017(10/05).

Pelimpahan berkas perkara ini disertai dengan pelimpahan barang bukti sebanyak 77 item.dengan pelimpahan berkas ini, maka status kedua tersangka berubah menjadi terdakwa.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karanganyar IDG Wirajana, melalui Kasi Pidum, Heru Prasetya, kepada hariankota.com, mengatakan, penyerahan berkas ini dilakukan setelah sebelumnya, dilakukan pemeriksaan terhadap kedua tersangka  serta penyusunan surat dakwaan oleh tim jaksa penuntut umum (JPU).

“Berkas sudah kita limpahkan ke Pengadilan Negeri Karanganyar.Selanjutnya, kita menunggu jadwal sidang dari Pengadilan Negeri Karanganyar,” kata Heru, belum lama ini.

Dijelaskannya,  para terdakwa, dijerat dengan pasal berlapis, yakni pasal 170 jo pasal 351 KUHP dengan ancaman di atas lima tahun penjara.Ditambahkan, dalam sidang kasus ini, pihaknya menyiapkan enam orang  JPU.

“Kedua terdakwa kita jerat dengan pasal berlapis.Dalam surat dakwaan setebal 48 halaman ini, kita mengantisipasi segala hal yang mungkin terjadi, termasuk jika ada eksepsi dari kuasa hukum terdakwa,” ujarnya.

Sementara itu, ketika disinggung mengenai penetapan enam orang tersangka baru dalam kasus ini, Heru Prasetya mengakui, jika  dalam kasus dugaan tindak kekerasan dan penganiayaan ini, tidak hanya dilakukan oleh kedua tersangka.

“Dari awal kami sudah mempredikasi, jika dalam kasus ini, dugaan kekerasan dan tindak penganiayaan dalam Diksar Mapala UII,  tidak hanya dilakukan kedua terdakwa.Kita tunggu saja hasil penyidikan tim penyidik,” tandasnya.

Sebagaiamana diberitakan sebelumnya, tim penyidik menetapkan dua tersangka  dugaan penganiayaan yang menewaskan tiga peserta serta korban puluhan korban luka  peserta dalam pelaksanaan terkait kasus tewasnya tiga mahasiswa setelah mengikuti diksar TGC XXXVII Mapala Unisi UII di Tlogodlingo, Desa Gondosuli, Tawangmangu di lereng Gunung Lawu, Karanganyar.

Tiga korban yang tewas adalah Muhammad Fadli, (20)  dari Batam; Syaits Asyam (20) dari Sleman; dan Ilham Nurpadmy Listia Adi (20) dari Lombok Timur. Ketiganya adalah mahasiswa UII angkatan 2015.

Setelah menetapkan dua orang tersangka, berdasarkan hasil pengemmbangan penyidikan, Polres Karanganyar kembali menetapkan enam orang tersangka dalam kasus ini.(Isw)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners