Rekomendasi

Wow, Jembatan Jokowi Telan Anggaran 40 Miliar

Sabtu, 13 Mei 2017 : 19.37
KARANGANYAR - Rencana pembangunan jembatan Jokowi yang menghubungkan Desa Kragan, Gondangrejo, dengan Kecamatan Kebakrama, menghabiskan anggaran sekitar Rp40 miliar.Namun proses pembangunan tersebut belum dapat dilaksanakan dalam waktu dekat, pasalnya, proses pembebasan lahan warga yang terkena dampak pembangunan, belum selesai.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) Karanganyar, Edy Sriyatno, saat ditemui wartawan di kantornya, mengatakan, rencana pembangunan jembatan tersebut, telah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat.

“Rencananya, jembatan akan dibangun pada tahun 2017 atau 2018.Seluruh anggaran dari pemmerintah pusat .Saat ini baru pengukuran lahan dan pembebasan lahan,” kata Edy.

Dijelaskannya,  volume pekerjaan proyek pembangunan jembatan tersebut cukup besar. Sehingga, dia melanjutkan, pengerjaan proyek yang merupakan usulan Pemkab Karanganyar itu, membutuhkan waktu lama.

“Butuh waktu lama untuk proses pengerjaannya.Proyek besar seperti ini biasanya dengan sistem  multiyears,” lanjutnya.

Terkait dengan  detail engineering design (DED) jembatan, Edy mengungkapkan, pemerintah pusat menggunakan desain sendiri. DED usulan dari DPUPR Karanganyar tidak digunakan.

“Sebenarya dalam DED yang diajukan DPUPR relatif bisa cepat dikerjakan. Seban struktur pokok jembatan direncanakan memakai rangka baja. Tapi sepert apa kerangka jembatan dalam DED pusat, kami  belum tahu,” ujarnya.

Hal yang sma dikatakan  Kabag Administrasi Pembangunan Setda Karanganyar, Ali Ghufron. Menurut Ali Gufron,  pembangunan fisik jembatan bisa tahun 2017 atau 2018. Hal itu tergantung penyelesaian pembebasan lahan.

"Lahan yang harus dibebaskan Pemkab sekitar 3.000 meter persegi di Kebakkramat dan Gondangrejo. Tapi anggaran pembebasan lahan saat ini belum dialokasikan," terangnya. (Isw)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners