Rekomendasi

Jaringan Fiber Optik Alami Gangguan, Media Online Hariankota.com Terkena Imbas

Sabtu, 17 Juni 2017 : 22.30
Published by Hariankota
HARIANKOTA.COM – Jaringan fiber optik wilayah timur mengalami gangguan. Alhasil, beban penggunaan data menjadi overload lantaran semua jaringan tertumpu pada satu jalur.

Pimpinan Redaksi hariankota.com Genta Wahyu mengatakan gangguan ini pun berpengaruh terhadap media online hariankota.com. Dimana, karena gangguan tersebut koneksitas internet membuat semua online di wilayah timur, termasuk di Pulau Bali pun mengalami gangguan.

Pada Instalasi kali ini terjadi beberapa masalah, yaitu pada saat pengecekan koneksi ternyata koneksi belum sepenuhnya berjalan dengan lancar, dan loss yang dihasilkan sangat besar atau tidak memenuhi standar loss yang direkomendasikan yaitu RX sensitivity-nya antara – 22 s/d – 24 dB.

Pada saat dilakukan penghitungan ternyata loss yang dihasikan adalah – 38 dB, setelah tim men-troubleshooting masalah ini mulai dari konstruksi kabel apakah ada bending atau kabel yang patah, penggunaan attenuator yang tepat, setelah beberapa tindakan tersebut dilakukan ternyata loss yang dihasilkan masih saja besar.

Tim instalasi sempat mengganti atau men-splice ulang patch cord karena diasumsikan hasil splicingnya kurang maksimal, ternyata tindakan tersebut juga tidak merubah hasil penghitungan loss yang direkomendasikan.

"Kami mohon maaf dengan kondisi ini. Untuk sementara hariankota.com sejenak terhenti karena gangguan fiber optik. Kami mohon maaf dengan kondisi diluar kemampuan kami,"jelas Pimpinan Redaksi Genta Wahyu dari ruang redaksi hariankota.com, Sabtu (17/6/2017).

Akhirnya, tepat pukul 23.35 WITA, tim IT hariankota.com berhasil memperbaiki gangguan. Langkah ini dilakukan agar kedepan gangguan fiber optik tak berimbas pada hariankota.com terlalu lama.

"Kemungkinan perbaikan ini kami lakukan cukup memakan waktu. Sekali lagi kami mohon maaf sebesar-besarnya,"ujarnya.

Diakui oleh Genta, dampak dari itu, sebagian besar pemasang iklan hariankota.com banyak yang komplin terhadap terhentinya hariankota.com akibat gangguan fiber optik tersebut.

“Sekali lagi kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyaman ini,"pungkasnya. (fer)
Share this Article :