Rekomendasi

194 Ribu Anak di Sukoharjo Diimunisasi Campak-Rubella

Jumat, 21 Juli 2017 : 08.17
SUKOHARJO - Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo bakal menggelar pemberian imunisasi Measles Rubella (MR) secara massal untuk memutus transmisi virus Campak dan Rubella kepada sekira 194 ribu anak secara gratis.

Kegiatan ini serempak di laksanakan di 12 kecamatan yang ada. Kegiatan imunisasi massal ini merupakan program nasional dari Kementrian Kesehatan dengan target Indonesia terbebas dari penyebaran virus Campak dan Rubella melalui pemberian imunisasi MR.

Untuk mensukseskan program tersebut, DKK Sukoharjo telah membentuk tim yang bekerja melakukan sosialisai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga kepelosok desa.

Kepala DKK Sukoharjo, Nasrudin, menyampaikan, setelah dilakukan koordinasi, program pemberian imunisasi massal ini akan dimulai pada bulan Agustus hingga September mendatang, dibagi dalam dua tahap

Bulan Agustus, sasarannya dilingkungan pendidikan atau sekolah seperti PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs. Sedangkan layanan imunisasi diluar lingkungan sekolah akan dilaksanakan bulan September.

"Untuk diluar sekolah, atau umum dilayani di posyandu, puskesmas, dan rumah sakit," terang Nasrudin. Imunasasi MR lanjut Nasrudin, akan menyasar pada anak yang telah menginjak usia 9 bulan hingga usia menjelang 15 tahun.

Hasil pendataan DKK Sukoharjo, diketahui jumlah anak yang akan di imunisasi, melampui target yang dicanangkan Kemenkes yakni, tiap kabupaten / kota rata-rata sekira 180 ribu anak.

Dijelaskan Nasrudin, Campak merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengan masa inkubasi 8 - 13 hari. Sedangkan Rubella adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan orang dewasa usia muda.

Bahkan, tak jarang virus Rubella juga bisa menular kepada wanita hamil dan membahayakan janinnya. "Penyakit ini menyerang anak-anak dan remaja, tetapi juga dapat menyerang ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, sehingga harus diwaspadai," tegasnya

Dijadwalkan, Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya pada pencanangan pelaksanaan program pemberian imunisasi MR di SD Negeri Karanganyar 03, Kecamatan Weru pada 02 Agustus 2017 mendatang akan hadir. Setelah itu, menyusul pelaksanaan di masing-masing Kecamatan. (Sapto/gun)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya