Rekomendasi

Ambruknya Atap Kios Pasar Burung: Dewan Segera Ajukan Surat Audit Investigasi Ke BPK

Rabu, 12 Juli 2017 : 20.57
Loading...
KARANGANYAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karanganyar, segera melayangkan surat permohonan audit investigasi terkait dengan robohnya atap kios (kanopi) padar burung yang berada di komplek Pasar Nglano, Kecamatan Tasikmadu, beberapa waktu lalu.

Permohonan audit investigasi tersebut ditujukan kepada Inspektorat, BPKP dan BPK.

Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto kepada wartawan mengatakan, audit terhadap pasar tersebut perlu dilakukan untuk memastikan kekuatan dan kualitas bangunan demi kenyamanan para pedagang dan pengunjung pasar.

"Segera kita ajukan surat permohonan audit investigasi. Kami menduga, bangunan tersebut tidak sesuai dengan perencanaan. Dari hasil audit ini nantinya akan diketahui bagaimana sebenarnya kualitas bangunan. Audit investigasi akan dilakukan terhadap keseluruhan bangunan, termasuk pasar induk," kata Sumanto, Rabu (12/7/2017).

Menurut Sumanto, sebelumnya DPRD juga telah memanggil Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (DPU PR) serta Disperindag dan Tenaga Kerja Karanganyar. Dari hasil pertemuan tersebut, DPU PR mengakui baut yang digunakan tidak sesuai dengan bestek.

"Hasil pertemuan ini, memperkuat keyakinan kami, jika bangunan pasar tersebut bermasalah dan harus dilakukan audit investigasi," tandasnya.

Sementara itu, Muhammad Riyadi, tokoh masyarakat Karanganyar, menilai ada ketidakwajaran dalam proses pembangunan, baik pasar induk maupun Pasar Nglano.

"Sejak awal, pembangunan pasar Nglano ini bermasalah, seharusnya mulai dari perencanaan hingga proses pembangunan harus memiliki standarisasi bangunan. Dengan runtuhnya kanopi pasar burung ini, menunjukkan seluruh bangunan tidak sesuai dengan bestek. Saya pikir, ini harus diusut tuntas, termasuk diproses secara hukum," kata dia. (Isw/gun)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners