Rekomendasi

Era Teknologi Digital, Jokowi Tak Ingin Anak-Anak Indonesia Dididik Medsos

Sabtu, 22 Juli 2017 : 19.30
YOGYAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan peran guru cukup vital dalam mempersiapkan anak-anak generasi penerus bangsa. Apalagi dalam Era teknologi digital saat ini konisi perubahan begitu cepat terjadi di depan mata.

"Jangan sampai anak-anak kita dididik medsos (media sosial), jangan sampai anak-anak kita dididik oleh perubahan yang merusak karakter kita, jangan sampai, hati-hati. Sekali lagi, hati-hati, semua harus dipersiapkan," katanya, Sabtu (22/7/2017).

Pesan itu disampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Pimpinan Nasional (Rakpimnas) Persatuan Guru Republik Indonesia di Hotel Sahid Jaya, Jalan Babarsari, Depok, Sleman.

Perubahan, kata Jokowi, tidak bisa ditolak. Jika dulu melakukan transaksi dengan uang cash (tunai), saat ini sudah banyak yang meninggalkan cara lama tersebut.

Begitu juga dengan kartu kredit, sebagian orang sudah beralih dengan cara yang lebih praktik, seperti paepal, dan lainnya. Bahkan, kata Jokowi, orang sekarang melakukan transaksi hanya dengan smartphone yang ada digenggamannya.

"Tinggal tunjukin klik-klik-klik, duit kita ilang untuk bayar. Ini sudah berjalan," katanya disambut gemuruh para guru.

Dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat, kata Jokowi, harus diantisipasi. Peran guru begitu besar dalam mendidik anak-anak generasi sekarang agar tidak merubah sosial, budaya, karakter, dan jati diri bangsa.

"Siapa yang bisa menyiapkan ini, bapak ibu sekalian, ibu bapak yang hadir disini karena sekarang mereka ada di bimbingan ibu bapak sekalian," katanya.

Jokowi kembali mengingatkan, agar jangan sampai arus perubahan yang begitu cepat ini merubah tatanan sosial di masyarakat. Guru, sangat berperan dalam mendidik anak-anak bangsa.

"Sebab itu Rakor Pimnas PGRI ini, saya hadir untuk mengingatkan itu. Karena pendidikan merupakan jalan panjang untuk menjawab tantangan yang ada, dalam membangun martabat bangsa," tandasnya.

Pemerintah, kata Jokowi, sudah dan akan terus menyiapkan sarana infrastruktur seperti pembangunan gedung, jalan-jalan, pelabuhan, dan lainnya. Namun, persiapan fisik itu harus diimbangi dengan persiapan lainnya.

"Infrastruktuf fisik kita persiapkan, tetapi yang lebih penting adalah persiapan Sumber Daya Manusia. Untuk memenangkan persaingan, kompetisi ini tidak ada kata lain kecuali mempersiapkan Sumber Daya Manusia, anak-anak kita harus kita persiapkan," katanya.

Guru, kata Jokowi, merupakan teladan dan panutan bagi anak didik. Untuk itu, dia mengingatkan agar guru yang memiliki tugas mendidik anak-anak untuk menjalankan profesi mulia itu dengan baik. (dab/gun)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners