Rekomendasi

Mantab! Mulai Agustus, Pemkab Karanganyar Kelola Puncak Lawu

Senin, 24 Juli 2017 : 19.03
KARANGANYAR - Mulai bulan Agustus mendatang, pemerintah kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan mengelola tiga objek wisata di Tawangmangu, yang meliputi Wana Wisata Puncak Lawu, Sekipan, dan Pringgodani.

Selama ini, ketiga objek wisata itu, dikelola oleh Perum Perhutani. Dalam pengelolaan objek wisata tersebut dengan sistem bagi hasil. Dalam satu tahun, Pemkab diwajibkan menyetor ke Perum Perhutani sebesar Rp 450 juta.

Administratur Muda atau Kepala KPH Perum Perhutani KPH Solo, Eka M. Ruskanda, pihaknya melanjutkan perjanjian kerjasama yang sudah dilakukan pejabat sebelumnya. Menurutnya, evaluasi terhadap perjanjian kerjasama, akan dilakukan setelah dua tahun.

"Dalam perjanjian kerjasama ini, kita melampirkan aset dan batas wilayah. Kita harapkan, perjanjian kerjasama ini dapat meningkatkan potensi wisata," kata Eka.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Karanganyar, Titis Sri Jawoto, menyampaikan Pemkab akan melanjutkan pembangunan infrastruktur penunjang objek wisata. Mulai dari jalan hingga ke infrasrtuktur lainnya.

Disisi lain, wakil bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, Senin (24/7/2017) mengatakan, Pemkab melihat peluang di tiga objek wisata tersebut. Wakil bupati melihat kebutuhan masyarakat untuk menikmati pemandangan, swafoto, menginap dan berkemah, sangat tinggi.

"Sistem pengelolaan tiga objek wisata itu berupa bagi hasil. Pemkab wajib menyetorkan Rp 450 juta per tahun kepada Perhutani. Kami yakin  dapat menghasilkan pemasukan lebih tinggi dari pengelolaan tiga objek wisata itu," jelasnya. (Isw/rahayu)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners