Rekomendasi

Terbongkarnya Pengemasan Minyak Goreng Ilegal: Dewan Desak Pemkab Tinjau Ulang Perijinan

Kamis, 13 Juli 2017 : 15.48
KARANGANYAR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karanganyar, mendesak agar pemkab setempat meninjau kembali perijinan PT KMS yang diketahui melakukan praktek pengemasan minyak goreng ilegal, yang diungkap Polres beberapa waktu lalu.

Wakil ketua DPRD Karanganyar, Ade Eliana, usai rapat paripurna LKPJ bupati tahun anggaran 2016, di ruang paripurna DPRD setempat, kepada hariankota.com mengatakan, Pemkab Karanganyar seharusnya melakukan pengawasan terhadap ijin yang telah dikeluarkan.

Hal ini, menurut Ade, agar perijinan yang telah dikeluarkan tersebut tidak disalahgunakan.

"Kami menilai, pengawasan yang dilakukan oleh Pemkab sangat lemah, sehingga PT KMS menyalahgunakan ijin yang seharusnya untuk gudang dan kini terungkap digunakan untuk pengemasan minyak goreng ilegal dan belum memiliki ijin dari BPOM. Untuk itu, kami minta Pemkab untuk meninjau perijinan yang telah dikeluarkan," kata Ade, Kamis (13/7/2017).

Sementara itu, bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengaku belum mengambil keputusan terkait terungkapnya pengemasan minyak goreng tanpa ijin yang dilakukan oleh PT KMS yang berada di Desa Papahan, Kecamatan Tasikmadu tersebut.

Menurut bupati, sampai saat ini, masih mengumpulkan data, terutama yang berkaitan dengan perijinan. "Saya telah memerintahkan agar Disperindag, kantor perijinan dan Satpol PP agar bergerak. Jika memang ada pelanggaran ijin, akan kita beri sanksi," ujar bupati.

Ketika dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Kepala dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Nunung Susanto menjelaskan, PT KMS hanya memiliki ijin pergudangan dan bukan ijin pengemasan minyak goreng.

"Data yang kita miliki, PT KMS hanya memiliki ijin pergudangan," jelas Nunung Susanto melalui telepon selularnya. Apakah akan ada sanksi bagi PT KMS yang menyalahii ijin? Nunung Susanto belum dapat memastikan. Pasalnya, masih akan melakukan kajian lebih lanjut. Kita masih melakukan kajian bersama instansi terkait. Yang jelas, PT KMS hanya ijin pergudangan," pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Polres Karanganyar berhasil mengungkap praktek pengemasan minyak goreng ilegal yang dilakukan oleh PT KMS. Praktek pengemasan minyak goreng curah tersebut, diketahui tidak memiliki ijin dari BPOM. (Isw/dwi)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners