Rekomendasi

Yogyakarta Jadi Tempat Funtastic Borneo Extravaganza 2017

Minggu, 16 Juli 2017 : 11.01
Pameran Pariwisata Borneo Extrvaganza 2017 di Atrium Jogja City Mall, Yogyakarta
YOGYAKARTA - Kementerian Pariwisata mengelar pameran pariwisata Borneo Extrvaganza 2017 di Atrium Jogja City Mall, Yogyakarta selama tiga hari, 14-16 Juli 2017. Ini hasil kerjasama dengan Pemerintah Provinsi se-Kalimantan (Pemprov Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Tengah).

Sebagai upaya mempromosikan potensi pariwisata Kalimantan dalam mendukung Pesona Indonesia untuk mencapai target 275 juta perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) dan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019.

Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya, Wawan Gunawan menjelaskan pengembangan pariwisata Indonesia bertumpu pada potensi alam (nature) sebesar 35% yang dikembangkan dalam produk wisata bahari, wisata ekologi, dan wisata petualangan.

Sedangkan potensi budaya (culture) sebesar 60% dikembangkan dalam wisata heritage dan religi; wisata kuliner & belanja; dan wisata kota dan desa. Untuk potensi wisata buatan (manmade) sebanyak 5% dikembangkan dalam produk wisata MICE dan event, wisata olahraga, dan wisata kawasan terpadu (integrated resort).

"Kalimantan memiliki obyek wisata yang bertumpu pada nature, culture dan manmade resort, seperti wisata ekologi dan petualangan di kawasan konservasi Orang Utan Tanjung Puting. Wisata bahari (diving) di Kepulauan Derawan, wisata sungai (river cruise) di Sungai Rungan dan Kahayan yang memiliki daya tarik kelas dunia.

Begitu pula wisata budaya Dayak, Melayu, dan Tionghoa di Kota Singkawang, Kalbar menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke Kalimantan," katanya, Jum'at (14/7/2017).

Yogyakarta dipilih sebagai tempat penyelenggaraan pameran karena merupakan sumber wisnus. Untuk itu sangat tepat jika event pameran pariwisata Kalimantan ini digelar di kota Gudeg Yogyakarta.

"Yogyakarta merupakan salah satu tujuan utama pariwisata yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara, sehingga selalu ada peningkatan jumlah wisman dan wisnus setiap tahunnya.

Banyaknya penerbangan langsung dari Yogyakarta ke Kalimantan memudahkan aksesibilitas bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kalimantan," katanya.

Menurut Inke Maris, penggagas dan event organizer Borneo Extravaganza, penyelenggaraan event pameran pariwisata yang dimulai sejak 2004 tersebut berhasil mempersatukan seluruh provinsi Kalimantan dalam melakukan promosi bersama.

Event tersebut telah memicu berbagai kegiatan wisata dan festival lainnya di Kalimantan dan mendorong berkembangannya industri pariwisata seperti hotel, obyek wisata, industri kerajinan, maupun akses penerbangan yang meningkat dari Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

Penyelenggaran Borneo Extravaganza yang tahun ini mengambil tema Funtastic Borneo dengan menyediakan booth utama yang diisi produk unggulan dari 5 provinsi se-Kalimantan termasuk provinsi terbaru Kalimantan Utara, dan 8 booth lainnya diisi Biro Perjalanan Wisata (BPW) atau  travel agent.

Acara pameran dimeriahkan dengan atraksi seni budaya Dayak, Tionghoa, Melayu berupa tarian dan musik serta pameran kerajinan khas Kalimantan yang didatangkan langsung dari Kalimantan. (dab/dwi)

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya