Rekomendasi

5 Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara

Sabtu, 26 Agustus 2017 : 14.07
DENPASAR - Tak lama lagi umat muslim di seluruh penjuru dunia memperingati Idul Adha. Idul Adha adalah salah satu hari penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Di mana pada hari itu masyarakat masyarakat Muslim memperingati sebuah peristiwa besar yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim yang sekarang kita kenal dengan sebutan kurban.

Tak hanya di Indonesia, usai salat ID, umat Muslim akan melaksanakan sebuah proses penyembelihan hewan kurban yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hariankota.com telah merangkum tradisi unik negara-negara dalam merayakan hari besar tersebut, Berikut ulasannya.

1. Amerika Serikat
sholat Idul Adha di Amerika Serikat
Penyembelihan Hewan Kurban di Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam ini hewan kurban tidak dipotong di area atau halaman masjid seperti di Indonesia, biasanya masyarakat Islam di Amerika Serikat melakukan penyembelihan di tempat-tempat pemotongan hewan setelah itu baru dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

2. Turki
suasana sholat Idul Adha di Turki
“Festival Sapi” di Turki. Pada saat perayaan Idul Adha pemerintah Turki memberlakukan libur selama empat hari penuh. Perayaan Idul Adha di Turki dikenal dengan sebutan Baqri-Eid atau “Festival Sapi”, walaupun sebenarnya hewan yang dikurbankan tidak hanya sapi.

Seperti di Indonesia saat Idul Adha di Turki juga menyembelih hewan domba ataupun kambing.

3. Pakistan
pasar hewan di Pakistan
Memandikan Hewan Kurban di Pakistan. Pemerintah Pakistan secara khusus meliburkan pegawainya selama empat hari.

Dan yang paling unik saat perayaan Idul Adha di Pakistan adalah kegiatan memandikan hewan kurban sebelum di sembelih. Tak hanya dimandikan, hewan kurban pun akan dihias dengan berbagai kalung yang terbuat dari bunga.

4. Arab Saudi
suasana Idul Adha di Arab Saudi
Kurban Unta di Arab Saudi. Ya, kebanyakan negara-negara yang merayakan Idul Adha akan mengurbankan hewan-hewan seperti sapi atau kambing. Hmmm, di Arab beberapa hewan tersebut juga di kurbankan, hanya saja memang lebih banyak unta yang dikurbankan.

Setelah dipotong, nantinya oleh Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi daging hewan kurban akan dibagikan ke negara-negara Islam yang miskin seperti di Afrika, Asia tengah, dan Asia Selatan.

5. Cina
Pasar “Dadakan” di China. Meskipun hanya sedikit masyarakat China yang beragama Islam, namun ternyata Idul Adha tetap dirayakan dengan sangat meriah. Setelah melaksanakan salat Ied masyarakat muslim di sana akan saling bertukar makanan atau hadiah lainnya.

Selain itu, perayaan Idul Adha yang berlangsung selama empat hari tersebut juga akan dimeriahkan dengan pasar “dadakan”. (ferdinan)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners