Rekomendasi

Bidik 10 Kursi Legislatif, PKS Gelar Pencalegan Dini Jaring Caleg Non Kader

Jumat, 25 Agustus 2017 : 22.23
Loading...
SUKOHARJO - Meski ajang demokrasi lima tahunan, pemilu legislatif masih panjang, namun Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sukoharjo tengah bersiap menggelar pencalegan dini sebagai upaya meraih target 10 kursi pada Pemilu 2019 mendatang, atau sekira 25 persen.

Salah satu strateginya dengan menerapkan sistem pencalegan dini.

"Salah satu langkah yang akan kami lakukan adalah pencalegan dini dengan membuka pendaftaran bagi masyarakat umum non kader," ujar Ketua DPD PKS Sukoharjo, Aris Sarwanto saat menggelar temu awak media, Jum'at (25/8/2017)

Aris yang memegang kendali PKS Sukoharjo sejak 2015 ini mengatakan pencalegan dini bertujuan membuka peluang bagi masyarakat umum baik muslim maupun non muslim mendaftar bergabung dengan PKS.

Tentunya akan ada tahapan seleksi yang harus dilewati terlebih dulu.

Menurutnya alasan pendaftar non kader khususnya non muslim di beri kesempatan bergabung, bahwa sebagai partai terbuka langkah ini sejalan dengan dinamika yang berkembang dan DPD PKS Sukoharjo optmis dapat melakukan.

"Ini merupakan dinamika dan kami optimis dapat melakukan. Selain itu, ini merupakan arahan dari pimpinan pusat PKS di Jakarta agar memberi kesempatan pada masyarakat umum bergabung PKS," ujarnya

Berkaca dari beberapa pemilu terakhir, ketika proses pencalegan dilakukan dalam waktu berdekatan dengan pemilu, para caleg tidak memiliki kesempatan yang luas untuk berinteraksi dengan daerah pemilihannya.

"Dengan sistem pencalegan dini, para caleg punya kesempatan luas untuk berinteraksi dengan konstituennya," katanya.

Langkah ini (pencalegan dini) kata Aris, berkaitan dengan misi besar PKS dalam lima tahun ke depan yaitu berkhidmat untuk rakyat. Artinya,setiap kader PKS harus terus bekerja untuk rakyat.

Proses pencalegan dini tersebut,akan dilakukan pada 4 September mendatang dengan syarat calon cukup mengisi data pribadi melalui formulir yang bisa diunduh melalui web resmi PKS.

Sementara Wakil Ketua I DPD PKS Sukoharjo, Budiharjo menambahkan, selain rencana pelaksanaan pencalegan dini, di bulan Agustus ini DPD PKS Sukoharjo juga menggelar acara Tasyakuran HUT RI ke 72 dengan berbagai ragam kegiatan pada Minggu (27/8/2017) mendatang.

"Ini juga keinginan kami bersama-sama masyarakat, sesuai cita-cita kami untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," jelasnya.

Acara Tasyakuran, jelas Budiharjo, dimeriahkan jalan sehat dengan peserta sekira 1000 orang serta pada hari yang sama juga dilaksanakan launching rumah khidmat atau rumah layanan umum.

Tak hanya itu, di seksi perempuan juga menggelar lomba koor khusus ibu-ibu dengan lagu wajib Indonesia Raya.

"Walaupun kami hanya memiliki satu wakil di DPRD Sukoharjo, namun bukan kendala bagi kami untuk melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya. (Sapto/gun)

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners