Rekomendasi

Buka Konggres HIPIIS Ke- X, Jokowi Ingatkan Penggiat Sosial Agar Tak Remehkan Gadget

Rabu, 09 Agustus 2017 : 17.53
SUKOHARJO - Disambut Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, Presiden RI Joko Widodo hadir membuka Konggres Himpunan Indonesia untuk Penggembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS ) ke- X yang di selenggarakan Univesitas Sebelas Maret (UNS) di Hotel Best Western, Solo Baru, Sukoharjo, Rabu (9/8/2017).

Pada kesempatan itu, Presiden mendorong para peserta konggres bisa memanfaatkan perkembangan teknologi penggunaan smartphone (gadget) dalam membangun kultur sosial di masyarakat.

Gadget tak hanya berperan mempengaruhi perkembangan landscape sosial, tetapi juga berdampak pada ekonomi, politik dan budaya.

Hal-hal yang dulu tidak pernah di bayangkan, sekarang mulai terjadi, contohnya, sebut Presiden, saat ini mulai muncul kelesuan yang dialami beberapa toko swalayan dan toko lainnya karena perilaku jual beli sudah mulai beralih dengan sistem jual beli online.

"Sekarang bisa kita lihat dimana-mana perkembangan perilaku konsumtif yang dilakukan semua orang beralih kepada online. Kalau mau beli apa-apa mudah, tinggal pesan dan nanti sampai dirumah tanpa harus menunggu lama," kata Jokowi.

Perkembangan seperti ini menurut Jokowi, kalau tidak diimbangi dengan perilaku masyarakat, tentunya akan membahayakan. Ini harus di sikapi dengan bijak. Pemerintah tidak mungkin menutup mata terhadap perkembangan teknologi ini.

"Dalam kongres ini, saya harapkan adanya terobosan baru dari para ahli ekonom dan ahli sosial untuk bisa melihat isu ini. Jangan remehkan barang yang kecil ini (gadget). Kalau kita lengah kita akan tertinggal jauh sekali," tandasnya

Kongres HIPIIS ke- X ini, dihadiri seluruh Pengurus Pusat, Pengurus Cabang serta para penggiat Ilmu-ilmu Sosial seluruh Indonesia dan beberapa peninjau dari Luar Negeri dengan jumlah peserta sekira 400 orang dan berlangsung dua hari, 9-10 Agustus 2017.

Kehadiran Presiden Jokowi di Sukoharjo, selain di sambut Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya juga turut mendampingi Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi dan Rektor UNS Ravik Karsidi.

Usai membuka Kongres HIPIIS ke -X, selanjutnya Presiden Jokowi melakukan peresmian Musem Keris di Jalan Bhayangkara, Sriwedari, Solo. (Sapto/gun)
Bagikan :

Video Viral

Saat ini 0 komentar :

Berita Terbaru

Selengkapnya

Our Partners